Penyelundupan Kayu Sonokeling Digagalkan

Nampak petugas yang dipimpin Kapolsek Poto Tano Ipda Nurlana saat melakukan pemeriksaan muatan truk.(SuaraNTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Kepolisian Resor (Polres) Sumbawa Barat, menggagalkan pengiriman 15 kubik kayu jenis sonokeling ke Pulau Lombok di pelabuhan Poto Tano. Belasan kubik kayu tersebut, diamankan lantaran tidak bisa menunjukkan dokumen saat dilakukan pemeriksaan petugas gabungan, Jumat, 1 Oktober 2021.

Kapolres KSB, melalui Kasat Reskrim AKP Hilmi Manosoh Prayugo, S. IK kepada Suara NTB, membenarkan terkait upaya penyelundupan kayu dari Kabupaten Sumbawa menuju Mataram. Bahkan kayu-kayu yang tidak bisa dilengkapi dokumen tersebut, saat ini sudah diamankan di Mapolres untuk penanganan lebih lanjut. Hanya saja pihaknya sampai dengan saat ini masih belum bisa menetapkan satu orang tersangkapun dalam kasus ini karena masih dalam proses pemeriksaan lebih lanjut. “Kayu beserta truk dan supir masih kita mintai keterangan lebih lanjut sebelum penanganan lanjutan terhadap kasus tersebut,” ungkapnya.

Iklan

Dikatakannya, pengiriman kayu dan penebangan saat ini sudah diatur dalam peraturan pemerintah. Sementara kayu yang saat ini sudah dilepas tersebut rata-rata tidak memilik surat makanya diamankan saat akan melintas di Poto Tano. Pihaknya juga akan terus mengatensi masalah ini supaya tidak ada penyelundupan yang akan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, razia juga akan terus dilakukan di Poto Tano, karena untuk saat ini dianggap rawan terjadi penyelundupan. “Pengamanan di Poto Tano sebagai pintu masuk dan keluar dari Sumbawa akan terus diintensifkan, sehingga kasus-kasus penyelundupan bisa semakin ditekan,” sebutnya.

Adapun modus operandi yang dilakukan  untuk mengelabuhi petugas yakni dengan mengganti plat nomor kendaraan. Bahkan di perjalanan sempat berhenti dua kali di Alas dan Rhee untuk melihat situasi. Namun aksi mereka tetap diketahui oleh petugas setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut isi muatan truk tersebut. Sementara hasil pengakuan dari supir Truck bahwa kayu tersebut berasal dari seseorang yaitu berinisial A asal Sumbawa Besar dan akan dibawah ke Mataram. “Barang bukti Kayu dan kendaraan Fuso sudah kita mankan di Mapolres untuk diperiksa lebih lanjut,” tukasnya. (ils)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional