Penyelundupan 19 Sapi dari NTT Digagalkan

Belasan sapi tanpa dokumen dari NTT disita Aparat Satuan Polairud Polres Bima Kota, di perairan Kolo Kota Bima, Rabu, 25 Agustus 2021 dinihari.(Suara NTB/Ist)

Kota Bima (Suara NTB) – Aparat Satuan Pol Airud Polres Bima Kota berhasil menggagalkan penyelundupan belasan ekor sapi tanpa dokumen yang sah, di perairan Kolo Kota Bima, Rabu, 25 Agustus 2021 dinihari.

Informasi yang dihimpun Suara NTB, belasan sapi jenis jantan dan betina yang berhasil digagalkan itu, dimuat sebuah kapal motor (KM) bernama Lewa Mori dari wilayah Provinsi NTT menuju Pelabuhan Bima.

Iklan

Kasat Pol Airud Polres Bima Kota, Ipda Sarif Riyadiansyah mengatakan, pengungkapan kasus itu bermula saat pihaknya menggelar patroli di sekitar perairan teluk Bima. “Saat patroli di sekitar perairan Kolo didapati sebuah kapal motor mencurigakan yang hendak masuk teluk Bima,” katanya.

Tanpa berpikir panjang lanjut dia, pihaknya mendatangi dan langsung melakukan pemeriksaan yang dimuat kapal tersebut. Alhasil ditemukan sebanyak 19 ekor sapi tanpa dokumen sah. “Kapal ini membawa 19 ekor sapi tanpa dokumen dari NTT. Ada delapan ekor sapi betina dan 11 jantan,” katanya.

Selain menyita belasan ekor sapi, Ia menambahkan pihaknya juga mengamankan lima anak buah kapal (ABK) dan berdasarkan hasil pemeriksaan, kelimanya merupakan warga Kecamatan Bolo dan Woha. “Untuk kapal yang memuat belasan sapi ini kita amankan di Pelabuhan Bima. Sedangkan lima ABK dibawa ke Polres Bima Kota untuk diproses lebih lanjut,” pungkasnya. (uki)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional