Penyangga KEK, DPRD Kritik Pemda Lobar Belum Lakukan Pembenahan

Fauzan Khalid (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) mendapatkan sorotan dari lapangan DPRD. Lantaran dinilai belum melakukan pembenahan signifikan padahal posisinya sebagai penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Terutama di titik-titik strategis, seperti di Kawasan Pelabuhan Lembar. Pemda perlu berkolaborasi dengan mitra terkait untuk mempersiapkan kawasan ini.

Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Lobar, Munawir Haris mengatakan Pemkab Lobar perlu memikirkan langkah strategis guna memanfaatkan momentum peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit yang diikuti oleh pagelaran WSBK dan MotoGP. “Melihat sejauh ini belum ada perubahan signifikan sebagai daerah penyangga. Sebagai contoh Pelabuhan Lembar sebagai pintu gerbang jalur laut belum melakukan pembenahan,” kritiknya, Jumat, 19 November 2021.

Iklan

Menurut Cawing sapaan akrab Sekretaris PAN Lobar ini, pola mitra kerja antara eksekutif dan legislatif sangat penting untuk tetap terjaga dalam keselarasan dan saling menghargai. Sebab kondisi ini akan memberi jaminan kesuksesan pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah daerah yang akan dilaksanakan. Hal lain yang perlu jadi atensi Pemda, terkait pascapandemi Covid-19 selama hampir 2 tahun terakhir ini, dinilai dampaknya memprihatinkan. Hal ini, sangat berdampak terhadap daya beli masyarakat dan laju pertumbuhan daerah.

“Kondisi perekonomian masyarakat  tentu memerlukan dukungan dan suntikan modal serta proteksi terhadap UMKM yang ada di Lombok Barat. Terkait itu dewan sangat memandang perlu struktur belanja APBD Kabupaten Lobar memprioritaskan dukungan terhadap UMKM dalam rangka membangkitkan kembali pertumbuhan ekonomi masyarakat Lobar yang berkeadilan,” tegasnya.

Terpisah Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan Lobar banyak mendapatkan perhatian atau program dari pusat dalam dalam pengembangan pariwisata, seperti tahun ini Lobar mendapatkan program dari pusat.  Tidak hanya itu, tambahnya, tahun ini Lobar mendapatkan pengembangan pariwisata untuk desa wisata di Sedau, kemudian untuk tahun 2022 mendapatkan di Desa Bengkaung. Termasuk mendapatkan perhatian pusat di Desa Sekotong Tengah dan Desa Sesaot. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional