Penyangga DSP Mandalika, DPRD Desak Pemda Serius Tangani Infrastruktur di Desa Mekar Sari

Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada ini menjadi penyangga DSP Mandalika, namun akses jalan di kawasan ini rusak. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB)  – Anggota DPRD Lombok Barat (Lobar) Dapil Narmada-Lingsar mendesak pemerintah untuk serius menangani infrastruktur di Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada, menyusul desa ini telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai penyangga DSP Mandalika Lombok Tengah. Pasalnya kondisi infrastruktur dasar seperti halnya akses jalan di kawasan ini rusak parah.

H Jumahir, anggota DPRD yang tinggal di desa itu mengatakan sesuai dengan SK pemerintah pusat bahwa Desa Mekar Sari masuk dalam kawasan penyangga DSP Mandalika. Namun ia menyoroti justru status penyangga DSP belum ada keseriusan untuk menangani desa itu dari pemerintah.

Iklan

Bahkan, ia belum melihat sharing program atau pekerjaan baik dari pusat, Pemprov maupun kabupaten. “Padhal lebih-lebih dalam review RPJMD 2019-2024 bahwa agrowisata menjadi prioritas, itu program prioritas,” ujarnya.

Walaupun masih dalam pembahasan RPJMD ini, namun Pemda menekankan perhatian kepada puluhan desa wisata di Lobar. Berangkat dari itu, seharusnya dituangkan program prioritas yang harus dikerjakan. Misalnya di sektor penerangan jalan, penanganan jalan, perhubungan maupun sektor lain, sehingga di sini perlu ada penanganan lintas sektor. Kalaupun dipahami kendala fiskal, namun sangat memungkinkan dilakukan kemitraan dengan pihak lain. Contohnya, pihak Dewan Pengawas BPJS Pusat siap membantu Lobar 1.500 titik lampu dari Program CSR.

Menurut dia, keselarasan program antara lintas sektor perlu dikomunikasikan. Namun, pihaknya menilai belum ada kesepakatan dan kesepahaman antara lintas sektor dalam penanganan desa itu. Ia menambahkan perlu ada komitmen dari Pemda untuk mengalokasikan kepada wisata, karena sektor pariwisata menjadi tulang punggung PAD. “Jadi itu alasan untuk memperhatikan DSP dan desa wisata lain,”ujarnya. Apalagi di saat pandemi ini, wisata menjadi salah satu sektor yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dampak pandemi. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional