Penyaluran JPS Dilaksanakan Saat HUT Kota Mataram

H. Mahmuddin Tura. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram memastikan penyaluran bantuan jaring pengaman sosial (JPS) dapat dilaksanakan tepat waktu. Pasalnya, program tersebut ditujukan untuk meringankan beban masyarakat terdampak pandemi. Terutama selama pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diterapkan.

“Sekarang sedang persiapan untuk penyedia dan pengadaan barangnya. Yang jelas, target kita tetap penyerahan secara simbolis bisa hari Selasa, 31 Agustus 2021, bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Kota Mataram,” ujar Asisten II Setda Kota Mataram, Ir. H. Mahmuddin Tura, Jumat, 27 Agustus 2021.

Iklan

Dalam penyaluran nanti akan dipanggil perwakilan penerima dari enam kecamatan sebanyak dua orang. Setelah penyerahan secara simbolis, seluruh paket JPS akan dikirimkan ke masing-masing kelurahan untuk penyaluran langsung ke masyarakat.

“Supaya hari Rabu, 1 September 2021 target kita sudah terkirim semua. Nanti isi paketnya ada kerupuk kulit, jajanan dan abon ayam senilai Rp150 ribu. Kemudian ada beras juga lima kilogram,” jelas Mahmuddin. Seluruh isi paket tersebut diambil dari UMKM lokal asal Kota Mataram dengan tujuan meningkatkan geliat ekonomi.

Mengikuti jadwal tersebut, penyaluran JPS ditargetkan selesai 5-7 hari terhitung sejak HUT Kota Mataram. Di sisi lain, tenggat tersebut juga diharapkan cukup untuk mengakomodasi adanya perbaikan selama penyaluran JPS dilakukan.

“Semisal ada isi paket yang ditolak masyarakat, kita siapkan juga penggantian-penggantiannya di waktu itu. Selama 5-7 hari itu, kalau ada yang rusak kita siap mengganti,” ujar Mahmuddin. Untuk itu, sebelum penyaluran dilakukan Tim Asistensi akan melakukan pengecekan terlebih dahulu di gudang dan pengecekan kembali setelah dropping di kelurahan.

“Kalau ada yang kedaluwarsa atau beras dengan kutu, dilaporkan saja. Di dalam paket kemasan itu ada daftar isinya juga, supaya masyarakat tahu apa saja isinya dan bisa melihat kalau memang ada yang kurang,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Mataram, Baiq Asnayati menyebut proses pendataan penerima JPS tersebut telah selesai dilakukan. Di mana data terakhir yang diserahkan untuk pengesahan oleh Walikota Mataram mencapai 32.163 orang.

“Ini sedang penetapan dengan SK Walikota. Kita upayakan untuk bisa di-launching (penyaluran JPS) pada 31 Agustus besok, bertepatan dengan HUT Kota Mataram,” ujar Asna, Jumat, 27 Agustus 2021.

Untuk pengadaan barang dalam JPS sendiri Pemkot Mataram telah menyiapkan anggaran Rp5 miliar. Dalam penyalurannya telah dibentuk juga pejabat pembuat komitmen (PPK) yang terdiri dari staf Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Mataram yang bersertifikat dan pengguna anggaran langsung Dinas Sosial. “Sekarang semuanya sedang proses. Kita berharap JPS segera bisa disalurkan,” tandas Asna. (bay)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional