Penyaluran Bantuan Beras PPKM di Lobar Masih Nol

Lalu Marta Jaya. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Penyaluran bantuan beras sehubungan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Lombok Barat (Lobar), hingga Minggu, 25 Juli 2021 masih nol. Pendistribusian bantuan beras ini belum dilakukan karena perlu sinkronisasi data dan mekanisme pendistribusian ke masyarakat.

Untuk mematangkan pembahasan hal ini, pihak Dinas Sosial setempat pun akan bertemu dengan pihak Bulog selaku penyalur beras kepada masyarakat penerima manfaat. Hal ini diakui Kepala Dinas Sosial Lobar, Lalu Marta Jaya dikonfirmasi Minggu, 25 Juli 2021. “Penyaluran beras PPKM masih belum. Kita masih koordinasikan dengan Bulog,” kata Marta Jaya.

Iklan

Penyaluran tidak bisa serta merta dilakukan karena perlu dikoordinasikan dengan Bulog sebagai pihak penyalur. Beberapa hal yang perlu dikoordinasikan, terkait sasaran, mekanisme penyaluran seperti apa. Apakah mereka menggunakan transporter sendiri, karena pengalaman penyaluran bantuan beras sebelumnya menggunakan transportasi tersendiri.

Lambannya penyaluran beras ini, terletak di Bulog sendiri. Karena pihak Pemda dalam hal ini sifatnya mengkoordinasikan. Sejauh ini, pihak kabupaten kota lain juga belum semuanya melakukan penyaluran. Untuk sasaran penerima beras ini sendiri akan diarahkan juga kepada penerima bansos seperti penerima PKH, BST. Karena ketentuannya, mereka mendapatkan tambahan. Penerima bantuan inilah yang perlu dipadukan dengan Bulog. Data penerima sesuai BNBA harus sinkron, supaya jangan sampai terjadi selisih. Pihaknya memadukan dan mengkroscek dengan data penerima di bank dan kantor pos.

Soal jumlah penerima bantuan, Kadis sosial mengaku belum mendapatkan laporan dari bidang terkait. Yang jelas jumlahnya mengacu data Bansos. “Namun data ini akan disinkronkan dengan Bulog. Jangan sampai terjadi selisih atau jumlahnya beda,” imbuhnya. Penyaluran bansos ini akan dilakukan secepatnya setelah dilakukan koordinasi dengan Bulog. “Kami akan bertemu dengan Bulog dulu untuk sinkronisasi,” imbuhnya. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional