Penunjukan Peserta LCC, Kepala UPT Sumbawa Minta Maaf

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kepala UPT Layanan Dikmen dan PK-PLK Kabupaten Sumbawa, Lalu Manan, S.Pd mengaku bersalah telah melakukan penunjukan langsung perwakilan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kebangsaan. Di mana sebelumnya ia menunjuk SMA Negeri 1 Sumbawa untuk menjadi perwakilan ke tingkat Provinsi nantinya.

“Saya sudah meminta maaf kepada kepala sekolah kaitan dengan kecerobohan saya mengambil keputusan beberapa waktu lalu. Itu memang keputusan saya yang salah,” ujarnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin, 8 Mei 2017.

Iklan

Menurutnya, penunjukan langsung yang dilakukannya lantaran tidak adanya anggaran untuk melakukan seleksi. Untuk itulah beberapa waktu lalu ia langsung menunjuk SMAN 1 Sumbawa untuk menjadi perwakilan.

“Tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan LCC sebelumnya dipegang oleh kabupaten baik untuk pembiayaan maupun pelaksanaannya. Sekarang sudah menjadi kewenangan provinsi. Karena UPT ini baru, tidak ada anggarannya. Sehingga dilakukan penunjukan langsung. Sekali lagi saya minta maaf karena saya mengambil keputusan yang salah,” tukasnya.

Makanya, kata Lalu Manan, ia mengundang sejumlah kepala sekolah guna membicarakan persoalan tersebut. Dari pertemuan yang dilakukan, para kepala sekolah menginginkan supaya dilaksanakan seleksi. Dimana seleksi dibagi per rayon yang akan diikuti oleh 26 SMA swasta maupun negeri dan 9 madrasah. Rayonnya dibagi sesuai dengan rayon saat pelaksanaan ujian nasional tahun sebelumnya.

“Pelaksanaan seleski akan kita laksanakan pada tanggal 18 Mei mendatang. Untuk anggarannya tadi sudah kami bicarakan dengan kepala sekolah. Karena kami tidak mempunyai anggaran, kepala sekolah sudah mengatakan akan menggunakan anggaran dari sekolah, baik dari BOS maupun Komite,” terang Manan.

Pihaknya tidak menginginkan persoalan ini mencuat kembali. Untuk itu, dalam pelaksanaan seleksi nantinya pihaknya tidak akan menggunakan dewan juri dari sekolah. Tetapi akan menggunakan juri dari kabupaten supaya transparan. Mengenai kegiatan seleksi ini ke depan, ia mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak Provinsi. Di mana akan diupayakan untuk penganggarannya untuk tahun depan. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here