Pentingnya Informasi Cepat di Tengah Bencana

Potret kerusakan rumah warga akibat bencana banjir yang melanda desa Sengkerang, Lombok Tengah, beberapa waktu lalu.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, mengingatkan pentingnya informasi yang cepat-akurat ketika bencana yang melanda. Terlebih, saat ini pandemi Covid-19 juga masih menjadi fokus utama penanganan bencana di daerah.

Hal itu disampaikan Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD NTB, Ibrahim Kurniawan kepada Suara NTB, baru-baru ini. Ia menjelaskan, untuk tahun ini, pihaknya fokus menangani bencana non-alam, yaitu pandemi Covid-19.

Sepanjang tahun ini, beberapa bencana alam telah melanda daerah ini. Beberapa diantaranya, banjir di Obel-obel, puting beliung di Dompu dan Sumbawa. Hingga kebakaran di Baturotok, Sumbawa. Menurutnya, untuk memastikan korban bencana segera mendapatkan penanganan, perlu adanya informasi yang cepat dan akurat. “Yang utama adalah info real time dari kabupaten/kota untuk mengetahui kebutuhan masyarakat. Setelah itu disesuaikan dengan logistik di sana, baru kami tentukan dukungan yang bisa diberikan untuk korban,” pungkasnya. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here