Pensiunnya “Joe” Tajuddin, Tokoh Inspiratif yang Mencintai Pekerjaan

Tajuddin saat menerima penghargaan tokoh Inspiratif Kabupaten Sumbawa dari Bupati Sumbawa tahun 2019 lalu. (Suara NTB/arn)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Tajuddin S.H, atau akrab disapa Joe, Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, yang baru saja memasuki masa pensiun, tepatnya Jumat 31 Januari lalu.  ASN yang telah mengabdikan dirinya selama 27 tahun ini terkenal sebagai “Camat Jagung” yang menginsiasi petani pada peningkatan produktifitas jagung. Kemudian dinobatkan sebagai salah satu tokoh inspiratif Sumbawa pada 2019 lalu.

Sosok yang mencintai pekerjaan ini memiliki prinsip hidup sekaligus pesan moril bagi staf dan generasi dibawahnya, “Bekerjalah dengan ikhlas, tanpa menghitung apa yang didapatkan, maka Allah akan membalasnya dengan cara yang tanpa diduga”. Joe, Pria kelahiran Empang, 31 Januari 1962 ini menamatkan pendidikannya di Unram sebelum kemudian mengawali karier sebagai ASN pada 1992 sebagai Penyuluh Lapangan KB di kecamatan Alas.

Iklan

Lalu berpindah tugas ke Empang, dan diangkat menjadi Pengawas PLKB di kecamatan Moyo Hilir. Dipromosikan menjadi Sekcam Pelampang tahun 2003 dan lanjut menjadi Camat pada kecamatan yang sama pada 2005. Lalu menjadi camat Labangka pada 2006 hingga 2011. Saat menjadi Camat Labangka inilah, Joe mulai merintis Gerakan Petani Sejuta Mandiri Pangan. Dengan mendorong masyarakat menabung. Kemudian meningkatkan produktifitas jagung petani. Hal yang sama Joe lakukan saat menjadi Camat di Utan, Lenangguar dan Moyo Utara. Hingga Joe dijuluki ”Camat Jagung”.

Selepas menjadi Camat, Suami dari Dra. Rosdiani dengan dua anak, Gorbi Mizan Qodri dan Bunguk Faizul Iman ini akhirnya dipercayakan sebagai Kabag Humas dan Protokol pada 2017 lalu. Kematangannya sebagai ASN semakin terlihat dengan banyak ide yang dapat disumbangkan. Sebagai pengawal kegiatan pimpinan daerah (Bupati/Wakil Bupati) dan “pintu” informasi daerah, Joe, selalu sigap dan energik. Terutama dalam kesiapan menyambut tamu-tamu penting pemerintah pusat.

Presiden RI dan Wapres RI termasuk sejumlah menteri kabinet pernah berkunjung ke Sumbawa semasa Joe menjadi Kabag Humas dan Protokol. Tak heran, kemudian Joe dinobatkan sebagai salah satu tokoh inspiratif di Kabupaten Sumbawa yang penghargaannya diserahkan pada saat peringatan HUT Sumbawa Ke 60 tahun 2019 lalu dari Bupati Sumbawa. Kemudian penerima penghargaan Satya Lencana Karya satya 20 tahun dari Presiden RI. Kepada para stafnya, pria yang selalu tampil bersemangat ini  berpesan agar selalu bekerja dengan ikhlas dan mencintai pekerjaan.

“Bagi saya, menjadi Kabag Humas dan Protokol adalah anugerah, karena berada disini adalah impian saya sejak 25 tahun yang lalu. Dan hari ini, saya sangat bahagi. Saya merasa seperti terbangun dari tidur, lalu siap melangkah kemana saja,”tukas Joe. Selama menjadi Kabag Humas, Joe berharap suatu waktu dimarahi oleh Bupati atau Wakil Bupati. Namun, hal itu tak pernah dirasakannya, karena selalu siap ketika dibutuhkan pimpinan.

Saat membawa masalah pun ke meja pimpinan, Joe selalu dengan solusinya. Temasuk memperkuat korordinasi dengan OPD dan stakeholders lainnya yang terkait. Agar setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan lancar. “Pesan saya cintai pekerjaan. Kalau kita bekerja dengan ikhlas dan jujur, maka hasilnya akan maksimal. Jangan takut menyampaikan ide dan gagasan. Asalkan dengan alasan dan narasi yang baik, maka pimpinan akan meresponnya pula dengan positif. Kalian adalah orang orang hebat dan semoga tetap bisa menjaga kekompokan,” begitu pesan Joe, kepada stafnya, saat Syukuran di hari terakhir sebelum pensiun Jumat 31 Januari lalu, di rumahnya. Joe, sosok yang disenangi pimpinan dan disegani stafnya ini, kini siap untuk mengabdi dalam bentuk lain di masa pensiunnya. (arn/*)