Penonton Disambut Musik Paer Lenek

Giri Menang (Suara NTB) – Festival musik jazz yang diselenggarakan di Pantai Senggigi dibanjiri penonton. Para penonton yang datang juga terlebih dahulu disambut oleh pertunjukan musik tradisional dari Paer Lenek yang tidak kalah memukau. Penonton yang datang bisa menikmati aneka jenis musik. Bukan hanya jazz, namun juga musik tradisional.

“Waktu kesini saya melihat di depan ada banyak orang yang berdiri melihat penampilan para pemain musik tradisional itu. Saya melihat itu sangat bagus, itu tidak ada di negara saya,” kata Wisatawan Mancanegara (Wisman) asal Australia Michele kepada Suara NTB, di Pantai Senggigi, Sabtu (20/8/2016).

Iklan

Michele juga terlihat menikmati pertunjukan musik jazz yang ditampilkan oleh para musisi. Terdapat banyak musisi jazz yang hadir pada hari itu. Ia mengaku tidak mengenal musisi-musisi tersebut. Namun musik yang disuguhkan membuatnya merasa terhibur.

“Saya tidak tahu mereka yang bernyanyi, tapi musiknya membuat saya merasa ingin menari. Saya menari-nari kecil karena musiknya terdengar asyik dan santai,” ujarnya.

Ia datang bersama beberapa rekannya sesama wisman. ia juga mengaku telah mengambil gambar para pemain musik tradisional dari Paer Lenek tersebut. Menurutnya acara semacam ini harus lebih sering dilakukan. Sehingga ia tidak perlu datang ke gili untuk menikmati musik serupa.

“Saya suka musik tradisional itu, sangat menarik. Mereka menggunakan alat musik yang unik,” ujarnya.

Dikutip dari suarantb.com salah seorang pemusik tradisional, Wilpin, menyebutkan bahwa sanggar seni Bebadosan yang berada di bawah naungan Rumah Budaya Lenek tersebut ditunjuk untuk tampil dalam acara oleh pengurus Rumah Budaya Lenek. Mereka bekerja sama dengan panitia festival jazz internasional untuk menampilkan seni musik tradisional dalam acara pembuka.

“Kita diutus dari Rumah Budaya untuk ikut dalam acara ini,” ujarnya kepada suarantb.com, Sabtu (20/8/2016).

Hadirnya musik tradisional dalam acara Music World tersebut tentu saja merupakan bentuk kontribusi kesenian tradisional NTB dalam dunia musik internasional. Meskipun acara festival Jazz merupakan gelaran seni musik modern, namun tidak mengesampingkan kesenian tradisional untuk ikut andil dalam acara besar tersebut. (lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here