Penonton Dibuat Kagum, Tak Sabar Menunggu Hasil

Tanjung (Suara NTB) – Nuansa kemeriahan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke 24 tingkat Provinsi NTB di empat arena lomba membuat masyarakat -penonton Lombok Utara antusias. Di setiap arena lomba, aksi para peserta menyedot ratusan orang pengunjung.

Di arena utama, Lapangan Tio’ Tata Tunaq, Selasa 15 November 2016 pelaksanaannya berlangsung meriah, lancar dan memukau masyarakat yang datang menyaksikan. Begitu pula di arena Lomba lain yang ditempatkan di SMAN 1 Tanjung, Masjid Tanaq Song, Serta Gedung Serbaguna Gondang. Banyaknya masyarakat yang hadir menyaksikan setiap cabang yang dilombakan menjadi bukti bahwa apa yang menjadi tujuan dari kegiatan Seleksi Tilawatil Qur,an ini, yaitu membumikan Al-Qur’an dan juga mempererat silaturrahmi tercapai.

Iklan

“Sangat luar biasa, saya sangat senang dan terharu menyaksikan bagaimana peserta mampu menghafal Qur’an beberapa Juz. Semoga anak saya bisa seperti mereka,” ungkap salah seorang warga, Ahmad.

Warga Kecamatan Kayangan ini mengaku sengaja datang jauh-jauh ke Arena Gedung Serbaguna Gondang menyaksikan acara. Selama penyelenggaraan, ia tak henti-hentinya menyimak hafalan Al Qur’an para peserta sembari menyimak tajwid dan makhraj yang dilantunkan.

Sementara di arena Aula SMA 1 Tanjung dilaksanakan mata lomba Hifzh Qur’an 20 dan 30 Juz yang diikuti oleh penampilan beberapa kafilah yang berusaha tampil semaksimal mungkin dengan hafalan yang mereka miliki. Beberapa peserta terlihat sangat lancar dalam hafalannya, namun ada pula yang terlihat grogi ketika tampil di depan para dewan hakim.

Dua arena lain, yakni di lapangan Tioq Tata Tunaq, dilaksanakan cabang lomba tilawah dewasa dan anak-anak yang menampilkan beberapa qori dan qoriah yang menampilkan bacaan bacaan al-Qur’an. Sedangkan di arena 3 di masjid Tanaq Song, penampilan peserta lomba Hifzh Al-Qur’an Golongan 30 juz dan tafsir bahasa Arab. Di cabang lomba ini, beberapa peserta juga sempat terlihat tegang meski mereka berhasil melakukannya dengan lancar.

  Putri Indonesia Pariwisata Kampanyekan Anti Narkoba di KLU

“Selaku warga tuan rumah, saya mendukung peserta dari Lombok Utara. Semoga kali ini juaranya dari peserta Lombok Utara,” sambung penonton lainnya, Jayadi.

Keseluruhan mata lomba pada hari kedua berahir pada  jam 12.30 siang hari dimana  hafiz dan hafizah, qori dan qori’ah  serta para peserta tafsir masing-masing tampil maksimal, namun penentuan dari STQ ini baru akan diketahui setelah final nantinya.

Beberapa warga tampak kurang sabar ingin segera mengetahui hasilnya. Hal ini diketahui dari pertanyaan yang dilayangkan antar penonton. Termasuk warga yang dari Bayan, bahkan mengaku akan hadir langsung pada malam pengumuman sekaligus acara puncak.

“Pasti, saya akan datang saat malam pengumuman. Saya tidak sabar ingin mengetahui hasilnya,” ujar Kariadi, warga Mumbul Sari, Kecamatan Bayan.

Di lapangan Gumi Tioq Tata Tunaq lomba bidang  tilawah Qur’an  digelar sejak Senin lalu menampilkan lomba untuk anak-anak dan deqasa. Senin lalu, menampilkan peserta  tingkat anak-anak, 3 peserta laki-laki, 3 perempuan.

“Kami lihat ada kompetisi hebat di antara peserta. Skor rata-rata penilaian tim juri menunjukkan persaingan ketat antar peserta,” klaim Ketua Majelis hakim Bidang Tilawah anak-anak dan dewasa, H. M. Zaeni.

Dimana untuk peserta tilawah qur’an ini sendiri untuk tingkat anak-anak masing-masing kabupaten/kota mengutus dua peserta. Sehingga untuk peserta di mata lomba ini, menghabiskan waktu dua hari, yakni hingga Selasa ini. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here