Penjualan Melonjak 80 Persen, Produk Kaos dan Topi WSBK UMKM NTB Diburu Penonton

Penonton membeli souvenir di Arena NTB Expo yang bertempat di Halaman Parkir Timur Kawasan Mandalika, Jumat (19/11). (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) –  Gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika membuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kembali tersenyum setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19. Pada hari pertama gelaran WSBK Mandalika, Jumat, 19 November 2021, UMKM yang memproduksi baju kaos dan topi WSBK Mandalika diburu penonton.

“Penjualan kami meningkat hari ini. Melonjak pembelian sampai 80 persen, ” kata Hardi, salah satu UMKM asal Lombok Timur di Arena NTB Expo yang bertempat di Halaman Parkir Timur Kawasan Mandalika, Jumat, 19 November 2021.

Iklan

Hardi mengatakan gelaran WSBK Mandalika menjadi kesempatan UMKM NTB untuk mendapatkan pelanggan atau pembeli dari luar daerah. Pasalnya, banyak pembeli yang menyaksikan WSBK Mandalika berasal dari NTB.

“Pameran kayak begini sangat membantu kami sebagai UMKM. Hari ini lebih dari target penjualannya. Bahkan hari ini kami suplai barang lagi,” tuturnya.

Hardi mengatakan suvenir yang paling banyak diburu adalah baju kaos dan topi WSBK Mandalika. Penonton bukan hanya membeli baju kaos untuk dirinya sendiri. Tetapi mereka membeli lebih dari satu untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga. “Penonton dari instansi datang ke sini pakai pakaian batik. Kalau mau menonton mereka  beli baju kaos,” katanya.

Dalam menyambut event WSBK, sebanyak 330 UMKM lokal yang berpartisipasi di Kawasan Mandalika. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah sebelumnya telah memastikan ratusan UMKM di NTB telah siap berpartisipasi untuk turut serta menyukseskan perhelatan WSBK 2021.

Sebanyak 330 UMKM yang berpartisipasi sudah dikurasi dan terdaftar. Serta sudah sangat siap untuk berpartisipasi dalam event WSBK, 19 – 21 November 2021. Niken mengatakan keberadaan event internasional seperti WSBK sangat mempengaruhi animo dan antusiasme para UMKM yang ada di NTB.

“Kita sudah bersiap-siap menjadi tuan rumah sejak tahun lalu. Seluruh UMKM di NTB kita beri kesempatan yang sama untuk mempersiapkan semuanya. Kini tiba saatnya kita untuk sama-sama menyukseskan WSBK 2021,” katanya.

Ke depannya, Niken berharap event-event internasional yang akan diselenggarakan di NTB dapat menjadi harapan baru bagi UMKM untuk bergerak maju bersama. “Mengingat antusiasme mereka untuk ikut berpartisipasi juga sangat tinggi,” kata istri Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah ini. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional