Penjelasan RSJ Soal Ratusan Pasien Remaja Korban Tramadol

Mataram (suarantb.com) – Isu dikirimnya ratusan remaja asal Kota Bima ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma karena dugaan menderita gangguan syaraf dibantah Kepala Seksi Pelayanan Medik RSJ Mutiara Sukma, dr. Dian Widiastuti Vietara. Ia mengaku belum ada laporan yang diterima tentang hal itu. Demikian disampaikannya saat ditemui suarantb.com di kantornya, Kamis, 27 Juli 2017.

“Belum ada laporan yang masuk sebanyak ini. Kita belum terima, tadi saya sudah cek,” akunya.

Iklan

Untuk pasien pengguna tramadol, psikiater dan konsultan anak remaja ini tiap bulan mengaku menerima pasien. Umumnya yang datang berobat berasal dari kalangan remaja. Asalnya pun dari berbagai daerah di NTB, termasuk Bima.

“Sebulan ini ada tiga pasien remaja yang saya tangani, satu orang dari Bima dan sisanya dari sekitaran Mataram,”ungkapnya.

Dian menjelaskan biasanya pasien yang datang dikarenakan keluhan orang tua karena prestasi akademis sang anak menurun. Kondisi ini diakuinya memang menimpa remaja yang sering mengonsumsi tramadol. Bengong, kurang fokus, kemampuan kognitif menurun, hingga depresi merupakan efek konsumsi tramadol berlebihan. Sementara itu, jika tidak mengonsumsi lagi tubuhnya akan terasa sakit.

Penyembuhan remaja yang ketergantungan tramadol diakui Dian membutuhkan waktu beragam dan tidak bisa diprediksi. “Intinya kalau dia sudah bisa mengatasi ketergantungannya pada tramadol, dia harus segera kembali ke sekolah. Karena memang anak-anak tugasnya untuk belajar,” katanya.

Sebelumnya, diketahui Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, dr. Azhari menyampaikan sedikitnya 405 remaja Kota Bima dikirim ke RSJ Mutiara Sukma, Mataram. Ratusan remaja ini terdeteksi mengalami gangguan syaraf akibat mengonsumsi tramadol.

Dikatakannya, ratusan jiwa tersebut didominasi usai muda dan sebagian remaja lulus sekolah. Menurutnya penyalahgunaan tramadol di Kota Bima, masuk kategori darurat. (ros)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional