Penjelasan Gubernur Soal Nama Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center

Mataram (suarantb.com) – Bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1437 H, Senin, 12 September 2016, masjid yang berada di komplek Islamic Center yang dinamai Masjid Raya Hubbul Wathan diresmikan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi usai salat Idul Adha di masjid tersebut. Nama Hubbul Wathan sendiri diberikan langsung oleh gubernur.

Menurut Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang alias TGB ini, Hubbul Wathan dalam bahasa Indonesia berarti cinta tanah air.

Iklan

TGB mengakui bahwa nama semacam ini mungkin dipandang tidak lazim digunakan sebagai nama sebuah masjid. Namun gubernur mempunyai alasan tersendiri mengapa memilih nama tersebut.

“Masjid ini dinamakan Hubbul Wathan, untuk mengingatkan kita semua bahwa bumi yang kita pijak ini, merupakan amanah dari Allah. Sehingga sudah menjadi kewajiban kita untuk mencintainya,” jelasnya.

Selain nama yang mempunyai nilai filosofis, peresmian Masjid Raya Hubbul Wathan pada Hari Raya Idul Adha juga memiliki makna tersendiri menurut TGB. “Masjid ini mulai digunakan dan diresmikan pada Hari Raya Idul Adha ini, untuk mengingatkan kita semua bahwa semangat berkurban dengan ikhlas adalah sesuatu yang perlu kita tanamkan dalam-dalam di hati kita. Sehingga daerah kita akan memperoleh keberkahan dari Allah SWT,” terangnya.

Peresmian masjid ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan diresmikan dengan pemukulan bedug raksasa di Islamic Center. Setelah diresmikan Masjid Raya Hubbul Wathan akan menggantikan peran Masjid Raya At-Taqwa Mataram. Sedangkan Masjid At-Taqwa akan dialihfungsikan menjadi Museum Peradaban Islam dan tempat kajian Islam. (ros)