Penjaminan Mutu, Empat Mapel PAS SMP Disusun Disdik

H. Lalu Fatwir Uzali. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan Kota Mataram melaksanakan Ulangan  Umum Bersama untuk empat mata pelajaran (mapel) di Penilaian Akhir Semester (PAS) genap tahun pelajaran 2020/2021. Ulangan umum bersama akan dilaksanakan mulai Senin, 14 Juni 2021 sampai dengan Kamis, 17 Juni 2021.

Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Mataram, Syarafudin menyampaikan, dalam rangka penjaminan mutu pendidikan dasar, pihaknya melaksanakan ulangan umum bersama untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Empat mata pelajaran itu disusun dan digandakan oleh Dinas Pendidikan.

Iklan

“Naskah soal yang sudah digandakan akan diserahkan ke sekolah di Dinas Pendidikan Kota Mataram pada hari Jumat, 11 Juni 2021, sedangkan untuk mata pelajaran lainnya disusun oleh guru mata pelajaran di sekolah,” ujar Syarafudin.

Ia juga menjelaskan, materi ulangan umum untuk semua muatan mata pelajaran sesuai kurikulum 2013dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang disederhanakan berdasarkan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 tanggal 5 Agustus 2020. Kegiatan UUB/PAS dapat dilaksanakan secara daring dan/atau luring dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19.

“Jika dilaksanakan secara luring, setiap ruang ditempati paling banyak 50 persen jumlah siswa di kelas dengan melaksanakan protokol kesehatan,” jelas Syarafudin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, H. Lalu Fatwir Uzali menyampaikan, sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tanggal 1 Februari 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), bahwa kenaikan kelas dilaksanakan dengan ketentuan ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, seperti penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya.

Selain itu dalam bentuk penugasan, tes secara luring atau daring, dan/atau bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. “Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu untuk mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh,” jelas Fatwir.

Terpisah, Kepala SMPN 20 Mataram, Ida Ayu Putu Armyani dihubungi Rabu, 2 Juni 2021 mengatakan, untuk PAS, pihaknya sudah mempersiapkan siswa untuk pendalaman materi saat pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Para guru memanfaatkan waktu pembelajaran tatap muka dengan menjelaskan materi-materi yang belum dipahami pada pembelajaran daring. “Pembelajaran daring masih terus berlangsung, karena PTM terbatas hanya dua jam sehari,” ujarnya.

Ida Ayu menjelaskan, kepanitiaan untuk PAS sudah dipersiapkan sebelum libur Idulfitri lalu. Para guru sudah mengumpulkan soal untuk PAS pada hari pertama masuk setelah libur Idulfitri. Untuk soal empat mata pelajaran untuk ulangan umum bersasama disiapkan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) melalui Dinas Pendidikan. PAS di SMPN 20 Mataram akan dimulai Rabu, 9 Juni 2021 sampai dengan Kamis, 17 Juni 2021.

“Semoga PAS berlangsung aman dan lancar nantinya dan semoga anak-anak dan bapak/ibu guru dan tata usaha tetap diberi nikmat sehat dan bahagia,” ujar Ida Ayu. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional