Peningkatan Kasus Covid-19, Diperlukan Kesadaran Bersama Terapkan Protokol Kesehatan

H. Hasan Basri, Najamuddin Amy. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemprov NTB menyerukan agar daerah-daerah yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 memperkuat pelacakan kontak dan disiplin penerapan protokol kesehatan. Hal ini penting untuk mencegah pandemi Covid-19 menjadi berkepanjangan.

Seruan itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy di Mataram, Selasa, 8 Juni 2021, menyusul terjadinya peningkatan kasus Covid-19 beberapa waktu belakangan. “Kita berharap, daerah-daerah yang mengalami peningkatan kasus, segera memperkuat pelacakan kontak dan membangun lagi kedisiplinan penerapan protokol kesehatan,” imbaunya.

Iklan

Seperti diketahui, sejumlah daerah di NTB saat ini memang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Di Kabupaten Sumbawa, misalnya, berdasarkan data yang dirilis pada Senin, 7 Juni 2021, terdapat tambahan 23 kasus baru. Dengan penambahan ini, total kasus yang masih positif menjadi 92.
Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M membenarkan adanya tambahan puluhan kasus tersebut. Tambahan kasus ini berdasarkan hasil pelacakan kontak yang kemudian dilakukan pemeriksaan. “Kemarin tersisa 84 yang positif. Kemudian bertambah 23 kasus baru dan sembuh 15. Sehingga saat ini yang masih positif menjadi 92,” ujarnya kepada wartawan, Selasa, 8 Juni 2021.

Dengan kondisi yang ada sekarang, jelasnya, Covid-19 di Kabupaten Sumbawa masih terjadi. Bahkan setiap hari tetap ada tambahan kasus. Karenanya, pihaknya berharap masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Ada sebagian masyarakat menganggap covid-19 sudah hilang, sehingga merasa abai. Padahal setiap hari ada (tambahan). Karena itu masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” harapnya.

Terkait pendisiplinan protokol kesehatan, saat ini diakuinya sudah keluar instruksi Bupati. Instruksi tersebut sudah disampaikan ke camat, desa dan kelurahan. Melalui instruksi ini, diharapkan semua pihak dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Sudah disampaikan Instruksi Bupati. Kan covid ini menyebar lewat orang. Karena itu harus bisa semua masyarakat itu sadar akan protokol kesehatan. Tidak bisa satu atau dua orang. Itu harus kesadaran bersama. Kalau semua sudah menyadari pentingnya protokol kesehatan, maka Insya Allah covid akan hilang,” terangnya.

Saat ini, Pol PP bersama TNI dan Polri juga terus melakukan patroli dan operasi yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan. Sedangkan untuk kegiatan masyarakat, juga sudah ditegaskan dalam instruksi bahwa harus meminta izin terlebih dahulu ke desa, kelurahan dan camat. Hal ini dalam rangka memutus penyebaran Covid-19. (aan/ind)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional