Penilaian Akhir Tahun, Sejumlah Madrasah Gunakan Sistem Sesi

Kegiatan PAT dengan sistem sesi dilaksanakan di MTsN 2 Loteng. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Sesuai jadwal bersama, seluruh madrasah dari jenjang Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), lingkup Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, mulai menyelenggarakan Penilaian Ahir Tahun (PAT). Kegiatan PAT dijadwalkan dari tanggal 2-9 Juni mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tujuh hari ( berahir, Rabu tanggal 9 Juni 2021) ini, merupakan bagian dari aktivitas akademik, setelah proses belajar mengajar tuntas digelar selama enam bulan ke belakang.

Iklan

MTsN  2 Loteng  dalam pelaksanaan PAT kali ini, sesuai mekanisme yang ada, tetap melaksanakan protokol kesehatan di semua proses tahapan yang ada. ‘’Salah satunya dengan menggunakan sistem sif,’’ ujar Ketua Panitia Pelaksana PAT, Rahmiyati,S.Pd., M.Pd.

Dijelaskannya ada sebanyak 14 mata pelajaran yang diujikan dalam PAT, baik mata pelajaran (mapel) umum maupun agama. Semuanya diujikan dalam kegiatan sekali dalam satu semester ini. Selain itu, PAT dilaksanakan dengan tetap memakai sistem sif atau sesi, seperti pelaksanaan Penilaian Ahir Semester (PAS) enam bulan yang lalu.

“Sesuai juknis yang ada, pelaksanaan penilaian akhir tahun, harus berlandaskan pada usaha meminimalisir penyebaran covid-19, menerapkan sistem sesi atau sif,” ujarnya.

Hal itu berarti setiap ruangan hanya berisi 50 persen dari keseluruhan siswa yang ada dan dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi pertama dilakukan pada jam 07:30 – 09:30 wita untuk kelas VII, dan sesi kedua mulai jam 10:00 – 12:00 wita untuk kelas VIII.  “Setiap harinya, mata pelajaran yang diujikan ada dua bidang studi, kecuali Jum’at dan hari terakhir mapel yang diujikan hanya satu dan tiga bidang studi,” bebernya.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Loteng, Masdiono,S.Ag., M.Pd., menyatakan, kegiatan PAT selama dua hari pelaksanaan berjalan lancar. “Pantauan kami dari persiapan sampai selesai pelaksanaan, kegiatan penilaian akhir tahun, hari pertama alhamdulillah berlangsung lancar. Semuanya berlangsung sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Terima kasih saya sampaikan kepada semua panitia dan bapak ibu guru selaku pengawas yang telah mensukseskan kegiatan,” harapnya. (dys)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional