Penilaian Akhir Semester Gunakan Kurikulum Covid-19

Verifikasi soal PAS yang diikuti dewan guru dan pengawas madrasah di MTsN 2 Loteng. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Kegiatan pembelajaran semester gasal tahun pelajaran 2020 – 2021 saat ini memasuki pekan terakhir. Sesuai jadwal yang tercantum dalam kalender akademik, kegiatan selanjutnya di satuan pendidikan adalah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Agenda wajib yang harus ada dalam setiap pembelajaran sekali dalam satu semester ini, sesuai jadwal yang sudah disepakati di tingkat kabupaten, akan berlangsung dari tanggal 2 – 12 Desember 2020. Dalam rangka mematangkan kegiatan tersebut, MTsN 2 Lombok Tengah melakukan verifikasi soal PAS.

Bertempat di madrasah setempat, acara diikuti oleh seluruh dewan guru dan Pengawas Madrasah wilayah empat kecamatan yaitu, Pringgarata, Jonggat, Praya Barat, dan Kecamatan Praya Barat Daya.

Kepala MTsN 2 Lombok Tengah, Masdiono, M.Pd., dalam pembukaan acara menyatakan, kegiatan verifikasi soal merupakan agenda wajib yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan PAS berlangsung.

“Sebelum kegiatan Penilaian Ahir Semester dilaksanakan, dewan guru sebagai pembuat soal, harus mengikuti verifikasi soal yang langsung dipandu oleh bapak pengawas mata pelajaran, ini dilakukan untuk memastikan bahwa soal-soal tersebut harus sesuai dengan kaidah yang berlaku,” kata Masdiono.

Terkait dengan materi soal, Masdiono menjelaskan karena semester ini masih menggunakan kurikulum Covid-19, batasan materi sebagai bahan soal rujukannya tetap mengacu pada materi esensial.

Drs.Muhammad Ali, mewakili Pengawas Madrasah wilayah KKM MTsN 2 Lombok Tengah, menyampaikan sejumlah hal penting yang harus diperhatikan oleh dewan guru pembuat soal. Seperti tata bahasa, redaksi dan juga tingkat kesulitan.

Ia juga berharap agar pembuatan dan verifikasi soal bisa langsung selesai dalam waktu yang tidak lama, mengingat waktu yang sangat singkat. Kegiatan verifikasi soal turut dihadiri oleh 8 pengawas mata pelajaran (mapel), yaitu pengawas Mapel PKn dan IPS, pengawas Mapel Akidah Akhlak dan Fiqih, pengawas Mapel IPA, pengawas Mapel Bahasa Arab, pengawas Bahasa Indonesia, pengawas Mapel Bahasa Inggris, pengawas SKI dan Al-Qur’an Hadist pengawas mapel Seni Budaya, Prakarya dan Olahraga. (dys)