Pengusaha Kena Denda Rp400 Ribu, Pusat Perbelanjaan Abai Prokes Terancam Ditutup

Masyarakat memadati salah satu pusat perbelanjaan di Kota Mataram. Kerumunan masyarakat berpotensi meningkatkan risiko penularan Covid-19. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kerumunan masyarakat di pusat-pusat perbelanjaan di Kota Mataram jelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1442 H menjadi atensi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB. Petugas akan menegakkan Perda No. 7 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular.

Bagi pengusaha pusat perbelanjaan yang abai terhadap protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, maka akan dikenakan sanksi denda sebesar Rp400 ribu. Selain itu, tempat usaha akan ditutup dalam jangka waktu tertentu.

Iklan

‘’Bagi pemilik usaha yang menggelar kegiatan yang mengabaikan protokol kesehatan dapat dikenakan sanksi sesuai Perda No. 7 Tahun 2020. Dendanya Rp400 ribu dan penghentian sementara,’’ kata Kepala Satpol PP NTB, Drs. Tri Budiprayitno, M. Si, dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 4 Mei 2021.

Tri mengatakan, penutupan tempat usaha atau pusat perbelanjaan akibat melanggar Prokes bisa dilakukan 1×24 jam, hingga 3×24 jam. ‘’Tapi dengan kena denda saja sudah menjadi pembelajaran bagi mereka. Karena mereka juga kalau nutup, ada efek ekonomi. Makanya harus mematuhi protokol kesehatan,’’ katanya.

Tri mengatakan Satpol PP juga sudah melakukan pengawasan di sejumlah pusat perbelanjaan yang banyak terjadi kerumunan di Kota Mataram. Bahkan, pengusaha pusat perbelanjaan sudah diberikan surat peringatan.

Sesuai standard operating procedure (SOP), pengusaha atau pengelola tempat usaha harus memastikan pengunjung yang datang harus menggunakan masker. Kemudian menyiapkan tempat cuci tangan dan membatasi jumlah pengunjung sebesar 50 persen dari kapasitas normal.

‘’Kemarin mereka sudah diundang ke Polres Mataram. Kalau mereka abai, maka ada peringatan dan penutupan tempat usaha. Kabupaten/kota yang punya kewenangan menutup kalau ada yang melanggar,’’ jelasnya. (nas)

Advertisement ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional