Pengusaha Bayar Tunggakan Pajak Reklame

Ilustrasi Papan Reklame (Piqsels)

Mataram (Suara NTB) – Penyegelan papan reklame oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram mampu memberi efek jera. Pengusaha advertising berbondong – bondong membayar tunggakan pajak. Tunggakan tertagih mencapaiRp 500 juta.

Kepala Bidang Pelayanan, Penyuluhan dan Penagihan pada Badan Keuangan Daerah Kota Mataram, Ahmad Amrin menyampaikan tindakan tegas terhadap penyegelan papan reklame menunggak pajak membuahkan hasil. Pengusaha reklame ramai – ramai datang membayar pajak. Keseluruhan 95 persen telah membayar atau sekitar Rp500 juta dari target pajak reklame Rp4,5 miliar. “Langsung ada efek jera. 95 persen pengusaha yang kita tutup reklamenya datang bayar tunggakan,” kata Amrin dikonfirmasi, Jumat, 23 Juli 2021.

Iklan

Penertiban reklame penunggak pajak sebenarnya akan terus dilakukan guna optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). Tetapi kata Amrin, terbentur penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Selain reklame menunggak pajak, pihaknya juga akan menyisir reklame yang nempel di gedung, toko atau pusat perbelanjaan. Berdasarkan peraturan daerah, ukuran reklame bebas pajak 1×2 meter.

Papan reklame tertempel di gedung atau pertokoan ada yang melanggar ketentuan. Contohnya, iklan di gedung Ganesha Operation (GO) di Jalan Pejanggik, Kelurahan Mataram Barat. Pemilik mengiklankan melebihi ukuran 1×2 meter. Pemilik harus dikenakan pajak. “Seperti di GO harus kena pajak karena ukuran iklannya lebih dari 1×2 meter,” jelasnya.

Untuk mempermudah pengecekan izin reklame, pihaknya akan mengeluarkan penetapan baru terhadap titik reklame. Penetapan baru dimaksud apabila satu objek reklame berakhir, maka akan disambung lagi untuk periode berikutnya. Hal ini akan lebih mempermudah perubahan data.

Penerapan sistem ini telah dikoordinasikan dengan Asosiasi Pengusaha Advertising (ASA) Kota Mataram. Pendekatan ini diharapkan agar pengusaha memahami regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional