Pengurus Persatuan Travel Umroh dan Haji NTB Dikukuhkan

Foto Pelantikan dan pengurus PATUH NTB 2020-2024

Mataram (suarantb.com) – Pengurus Persatuan Travel Umroh dan Haji (PATUH) Provinsi Nusa Tenggara Barat periode 2020-2024 resmi dikukuhkan pada Selasa, 4 Februari 2020. Pengukuhan dilakukan oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, H. Muhammad Amin di Hotel Lombok Astoria. Acara ini dihadiri seluruh pengurus dan anggota PATUH NTB, perbankan, Imigrasi Mataram, Angkasa Pura I Bandara Lombok, Kepolisian, maskapai serta sejumlah tamu undangan lainnya.

H.M. Amin memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terbentuknya PATUH NTB. “Alhamdulillah, saya sejak lama mendambakan adanya organisasi seperti ini, sebagai penghalau travel-travel umroh dan haji tak berizin (abal-abal) yang masuk dan melakukan perekrutan jamaah di NTB,” kata H.M.Amin.

Iklan

Ia juga berharap ada sinkronisasi jadwal penerbangan yang dibangun oleh PATUH NTB dengan pihak maskapai. Sehingga para jemaah tidak terlalu lama menunggu di bandara menunggu kedatangan pesawat.

Sebab, diakuinya banyak di antara para jemaah yang merasa kelelahan begitu tiba di tanah suci, lantaran menunggu pesawat yang terlalu lama.
“Niatkan lembaga ini sebagai ladang amal saudara-saudara sekalian agar para jemaah kita yang akan melaksanakan ibadah umroh dan haji tidak tertipu dengan travel bodong,” pesannya.

Ia juga menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada para pelaku travel umroh yang ada di NTB yang telah mengikuti aturan khususnya 5P. Dengan demikian harapannya masyarakat di NTB bisa lebih tenang dan merasa aman untuk melaksanakan ibadah umroh. Terlebih kebiasaan masyarakat NTB dalam melaksnakan ibadah umroh tidak jarang di awali oleh tradisi syukuran yang mengundang masyarakat.

Hal ini berdampak apabila gagal keberangkatannya maka akan menimbulkan efek sosial yang sangat mendalam bagi calon jemaah. Belum lama ini, disebutkan Kemenag NTB di BAP lantaran pelaku travel dari luar daerah yang tidak diketahui jelas keberadaanya di NTB. Artinya dengan adanya PATUH ini, hal-hal serupa tidak terulang kembali.

Sementara itu, Dewan Penasehat PATUH NTB, TGH. Muharrar Iqbal menegaskan, kehadiran PATUH NTB sebagai penangkal travel bodong yang hanya merugikan masyarakat, terutama yang hendak melaksanakan ibadah umroh dan haji.

“PATUH NTB ini merupakan bagian ikhtiar untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi jamaah, termasuk juga untuk pihak bandara agar menyediakan tempat duduk yang lebih banyak sebelum para jamaah diberangkatkan,” ujarnya.

PATUH NTB, kata TGH Muharrar, akan memberikan rekomendasi kepada instansi terkait agar memberikan kemudahan kepada para jemaah mengurus administrasi yang dibutuhkan, seperti paspor dan sebagainya.

Sekaligus ia menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Ketua PATUH NTB . Diharapkan dengan adanya wadah persatuan ini mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada para jamaah.

Ketua PATUH NTB terpilih, TGH Turmuzi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang menghadiri acara tersebut.

H. Turmuzi mengungkapkan, travel umroh dan haji tidak sama dengan biro perjalanan wisata lainnya, sehingga pengelolaan travel umroh dan haji pun gampang-gampang susah.
“Travel umroh dan haji ini tidak sebatas bisnis, tetapi ada amanah yang begitu besar dari para jemaah yang harus dilaksanakan, baik sebelum keberangkatan maupun saat melaksanakan ibadah di tanah suci hingga kepulangannya ke tanah air,” papar H. Turmuzi.

Berdirinya organisasi PATUH NTB ini, kata H. Turmuzi akan memberikan dampak cukup besar bagi peningkatan pelayanan para jemaah yang akan melaksanakan ibadah umroh dan haji, baik keamanan maupun pelayanan.

Ia juga mengajak semua travel dan mitra terkait khususnya pemerintah untuk bersama-sama memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat. “Karena ini merupakan niat di awali oleh ibadah maka kita selaku pelaksanakan trevel harus juga menyikapi ini sebagai tindakan ibadah. Jadi tugas yang kita terima adalah sebagai bentuk tugas yang di amanahkan Allah untuk kita melayani para tamunya,” demikian H. Turmuzi.

Ketua panitia penyelenggara H. Zamroni Taufik dalam laporannya menyampaikan terbentuknya kepengurusan PATUH NTB akan membuka ruang kerjasama dengan stakeholder terkait, dan para travel penyelenggara umroh dan haji makin memaksimalkan pelayanan kepada para jamaah.Sehingga para “tamu Allah” bisa lebih aman dan nyaman selama menjalankan ibadah di tanah suci hingga kepulangan.

Pasca pengukuhan, kegiatan dilanjutkan dengan pembentukan tim formatur untuk pembahasan AD/ART yang akan dilaksanakan pekan depan di Mataram. (bul)

Struktur Pengurus PATUH NTB Periode 2020-2024

DEWAN PENASEHAT :
1. H. Ahmad Muharis
2. Drs. TGH. Ali Fikri, MA
3. TGH. Tamimi
4. TGH. Muharrar Iqbal, MA
Ketua : H. Turmuzi, SH.I
Wakil ketua I : H. Idham Kholid, SP
Wakil ketua II : H. Erik Arnowo
Wakil ketua III : Ulil Amry, S.Kom., M.Pd
Wakil ketua IV : Ali Imron, M.Pd.I

Sekretaris : Amin Saleh, M.I.Kom
Wakil Sekretaris : Lalu Hanafi

Bedahara : Hj. Wiwik Apriani, MM
Wakil bendahara : Hilmiah, S.Pd
Kepala Bidang :
Bidang Kesekertariatan
Koordinator : M. Iskandar, AI., SH.I
Anggota
Satria Hadi Wijaya
Zaki
H. Muhammad Irham
Nurhayati, S.Pd
Ahmad Muzaiyin. MA

Bidang Hukum
Koordinator : Muhammad Shubhi, S.S
Anggota
Eny Rof’i
Abd Haris, M.Pd.I
Putri Sukaryati ISK, SP
H. Maksum Abdurraim

Bidang Pengembangan SDM dan Kerjasama
Koordinator : Nanag Supriadi
Anggota
H. Hijir Ismail
H. Hasan Basri, QH., S.Pd
H. Asnal Mutholib
Winda
Sahwa, M.Pd
M. Faisal Pajri
Bidang Organisasi dan Kelembagaan
Koordinator : Lalu Irjan
Anggota
Lilis
H. Iskandar Sukmana
Winda
H. Muh. Natsir Anom, S.Pd.I

Bidang Humas dan Pubdok
Koordinator : Sapoan
Anggota
Zamroni
Heri Irawam
Baiq Farihin
Hj. Eka Yulimi
Bohari Rahman