Pengungsi Bencana Longsor Gunung Sari Kembali ke Rumah

Mataram (suarantb.com) – Hujan deras disertai petir melanda Desa Guntur Macan, Kacamatan Gunung Sari, Lombok Barat. Hujan deras juga mengakibatkan banjir di Dusun Baret Kokoq dan dan longsor di Dusun Ladungan, Jumat, 7 Oktober 2016, kemarin.

Intensitas hujan yang cukup tinggi menyebabkan longsor di Dusun Ladungan. Bebatuan besar di atas tebing menghantam dapur salah satu rumah warga. Beruntung tidak ada korban jiwa. Penduduk yang ketakutan mengungsi di masjid dan tenda evakuasi yang belakangan disediakan.

Iklan

Menurut informasi Bhabinkamtibmas Desa Guntur Macan, Hadi Iskandar, kini warga yang mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing. “Sudah kembali ke rumah masing-masing pak,” ujar Iskandar melalui sambungan telepon, Minggu, 9 Oktober 2016.

“Kemarin warga sempat mengungsi karena sirene di atas tebing berbunyi. Sehingga kita ungsikan di masjid dan beberapa tenda evakuasi,” sambungnya.

Sementara hingga kini warga dalam keadaan baik. Jumlah kerugian materil tidak terlalu besar, karena hanya salah satu dapur rumah warga yang terkena runtuhan batu dari atas tebing. “Hanya satu dapur warga rusak terkena bebatuan, karena terbuat dari bedek,” sebutnya.

Sementara untuk mengantisipasi bencana longsor susulan, pihak kepolisian dan warga desa telah membentuk tim untuk siap-siap mengevakuasi warga jika sewaktu-waktu longsor maupun banjir susulan kembali terjadi.

“Kepolisian satu pleton disiagakan kemarin. Saat ini kami bersama warga membentuk satu tim siaga bencana untuk mengantisipasi terjadi banjir dan longsor susulan,” ungkapnya.

Jumat kemarin, di Dusun Baret Kokoq mengalami banjir. Banjir disebabkan meluapnya sungai yang ada di dusun tersebut. Banjir menyebabkan sawah warga terendam. Namun hingga saat ini air telah surut. Meskipun hari ini hujan kembali turun di desa tersebut. (szr)