Pengumuman Kelulusan Wajib Gunakan Media Daring

H. Aidy Furqan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB mewajibkan sekolah mengumumkan kelulusan siswa kelas XII pada tanggal 4 Mei menggunakan media dalam jaringan (daring). Hal itu sesuai dengan peraturan pemerintah tentang pembatasan sosial yang melarang aktivitas kontak langsung dan pengumpulan massa mencegah penularan virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd., pada Kamis, 23 April 2020 mengatakan pihaknya sudah memberikan surat tata cara pengumuman kelas XII melalui Kepala Cabang Dinas Dikbud NTB di setiap daerah. Pengumuman akan dilaksanakan pada 4 Mei pukul 16.00 Wita.

Iklan

“Pengumuman kelulusan wajib menggunakan media daring atau web online di website sekolah atau platform lain. Website harus terintegrasi dengan fasilitas link menu untuk print out surat kelulusan siswa secara mandiri,” katanya.

Selain itu, Aidy menyampaikan agar website bisa berjalan di berbagai perangkat dan lintas platform aplikasi, seperti android, windows, dan IOS. Pihaknya juga memerintahkan Kepala SMA/SMK/SLB agar melakukan usaha-usaha  pencegahan terhadap siswa yang akan melakukan pawai atau konvoi dan aksi coret. Serta melakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat.

Dinas Dikbud NTB telah mengeluarkan rambu-rambu kelulusan dan kenaikan kelas untuk sekolah. Ia menekankan agar dalam prosesnya harus memperhatikan protokol kesehatan.

Di samping itu, orang tua atau wali siswa juga diharapkan memastikan anaknya untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah, seperti di pusat olahraga, tempat rekreasi, warung internet, pusat perbelanaan, pusat permainan, mal, atau tempat berkumpul lainnya.

“Agar orang tua/wali tidak mengizinkan putra dan putrinya melakukan kegiatan yang diikuti banyak orang seperti perlombaan atau pertandingan, kegiatan seni budaya, pameran, nyongkolan dan lainnya,” ujar Aidy.

Nantinya kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan secara tertulis melalui surat keputusan kepala satuan pendidikan. Satuan pendidikan juga dapat menentukan kenaikan kelas dengan mempertimbangkan kebijakan sekolah terkait minimal kehadiran, tata tertib, dan peraturan yang berlaku di satuan pendidikan.

Terpisah, sejumlah sekolah mengikuti arahan dari Dinas Dikbud NTB itu. Kepala SMKN 3 Mataram, Ruju Rachmad, S.Pd., M.T., dihubungi Jumat, 24 April 2020 mengatakan, pihaknya harus mengikuti instruksi dari Dikbud NTB itu. Menurutnya, SMKN 3 Mataram selama tiga tahun terakhir mengumumkan kelulusan secara daring di situs web sekolah. Dan langsung dicetak oleh siswa kelas XII dengan sandi berupa nomor ujian mereka.

“Kami keluarkan pengumuman kelulusan sesuai surat edaran pukul 16.00 wita. Kami juga bersurat ke aparat kepolisian untuk minta bantuan keamanan dan ketertiban menjaga kemungkinan ada siswa yang arak-arakan kelulusan. Kami melarang siswa hadir ke sekolah, pengumuman bisa dilihat di rumah masing-masing,” ujarnya.

Kepala SMKN 5 Mataram, H. Istiqlal, S.Pd., MM., juga mengatakan akan menyesuaikan pengumuman kelulusan dengan arahan Dinas Dikbud NTB. Kepala SMAN 8 Mataram, Hj. Suprapti dihubungi terpisah menyampaikan pihaknya akan membuat surat edaran ke orang tua siswa untuk mengimbau dan mengawasi putra dan putrinya pada saat pengumuman. “Kelulusan siswa akan diinformasikan lewat situs web sekolah,” Suprapti. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here