Pengisian JPTP Dijamin Transparan

H. Effendi Eko Saswito. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram telah mengajukan rekomendasi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Tim panitia seleksi (pansel) menjamin proses seleksi dilaksanakan secara transparan.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito mengaku, pihaknya telah mengajukan rekomendasi pengisian JPTP ke KASN. Rekomendasi itu menjadi dasar tim pansel bekerja mengisi jabatan kosong. “Suratnya sudah di meja KASN. Tinggal menunggu rekomendasi keluar saja,” kata Sekda dikonfirmasi akhir pekan kemarin.

Iklan

Tujuh jabatan kosong bakal dilelang yakni, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Kepala Dinas Perikanan, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Sekda menyebutkan, tujuh jabatan dipansel ini juga termasuk Kepala Dinas Perikanan yang bakal pensiun pada September mendatang. Karena itu, pegawai yang memenuhi persyaratan dan merasa mempunyai kompetensi agar mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi. “Jangan menunggu dibuka pendaftaran baru mendaftar. Mulai sekarang harus mempersiapkan diri,” terangnya.

Selama proses seleksi, tim pansel bekerja profesional dan transparan. Tidak ada intervensi apapun selama proses penjaringan. Pihaknya hanya memilih tiga terbaik dari masing – masing jabatan. Hasil selanjutnya diserahkan ke pejabat pembina kepegawaian. Kepala daerah memiliki hak prerogatif memilih satu dari tiga nama yang disodorkan. Hal itu tergantung chemistry dan kompetensi. “Mungkin hanya Kota Mataram yang terbuka melaksanakan pansel. Teman – teman media bisa memantau kapan pun,” tegasnya.

Untuk komposisi tim pansel kata Sekda, tidak ada perubahan. Tiga nama yang diusulkan dari eksternal pemerintah adalah Dr. H. Iwan Harsono, Dr. H. M. Ali dan Drs. H. Djaswad. Adapun tenggat waktu 24 hari yang diberikan oleh kepala daerah untuk mengisi jabatan kosong sangat tergantung dari rekomendasi dari pemerintah pusat.

Eko mengharapkan kuota pelamar untuk tujuh formasi terisi, sehingga pasca Kepala Dinas Perikanan memasuki pensiun pada September mendatang. Pejabat yang telah dipilih berdasarkan hasil pansel sudah bisa dilantik. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional