Pengiriman PMI ke Polandia Dibuka

Supardi (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Pemerintah pusat saat ini sudah membuka 52 negara untuk diperbolehkannya pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI), salah satunya negara Polandia. Hal ini berdasarkan izin dari Dirjen Kementerian Tenaga Kerja dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir ke negara yang sudah dibuka itu sepanjang melalui perusahaan yang memiliki izin dan job order ke negara tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lombok Timur (Lotim), H. Supardi mengimbau kepada masyarakat supaya mencari PT yang memiliki job order ke negara tujuan itu. Seperti di Kabupaten Lotim memakai perusahaan job order ke negara tersebut yaitu PT. Bagus Bersaudara yang sudah memiliki izin dan mendapat kuota sebanyak 100 orang seluruh Indonesia. Di Kabupaten Lotim sendiri tertanggal 9 Juni 2021 yang sudah mendaftar sebanyak 70 CPMI dari PT. Bagus Bersaudara tersebut.

Iklan

 “Kita dari pemerintah juga melihat PT yang masuk. Apakah memiliki job order atau tidak ke negara yang sudah dibuka itu. Namun sejauh ini dari hasil verifikasi itu hanya PT Bagus Bersaudara itu,” sebutnya, Kamis, 10 Juni 2021.

Adapun untuk kerja ke Polandia itu, salah satu penempatan kerjanya di bidang industri. Sehingga CPMI yang direkrut dan dikirim betul-betul memiliki keterampilan serta bisa berbahasa Inggris ataupun Polandia. Untuk itu salah satu bukti dan persyaratan yang dilengkapi CPMI ini harus memiliki sertifikat pelatihan.

“Saat ini mulai pendaftaran, biasanya prosesnya tiga bulan baru bisa diberangkatkan karena CPMI akan dilakukan pelatihan dan pembekalan, termasuk memastikan visa kerjanya sudah keluar,” ungkapnya.

Dari 70 CPMI yang mendaftar dari PT Bagus Bersaudara ini, Supardi menjelaskan akan melalui tahap seleksi. Langkah ini dilakukan untuk memastikan CPMI yang diberangkatkan nanti sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh negara tujuan. Ini juga sebagai suatu terobosan yang dicapai PT Bagus Bersaudara sebagai perusahaan penempatan PMI yang berhasil masuk ke Polandia dengan izin dan job order yang jelas. (yon)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional