Pengiriman Masker Meningkat Akibat Wabah Corona

Pekerja mengemas masker di pabrik alat kesehatan PT Kasa Husada Wira Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, baru-baru ini. (ant/bali post)

Mataram (Suara NTB) – Pengiriman masker dari Kantor Pos Mataram dalam beberapa waktu terakhir mengalami peningkatan. Terutama sejak gemparnya dunia akibat virus Corona yang pertama kali muncul di Wuhan, China.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Pos  Mataram, Sugiana. Disebutkan, dalam setiap hari, selalu saja ada kiriman masker dari Lombok. Pertama tujuannya ke China. Namun setelah reaksi sejumlah negara yang menutup penerbangan  dari dan ke China, serta mengisolir Wuhan, kiriman masker ke negeri tirai bambu itu juga praktis terhenti.

Iklan

Salah satu cara menangkal penularan virus Corona adalah menggunakan masker. Sesuai rekomendasi WHO, masker N-95.  Masker ini digunakan sebagai salah satu bagian dari strategi pengendalian infeksi. Jika digunakan dengan benar, masker ini dapat membantu menghadang partikel udara hingga 0,3 mikron yang mungkin mengandung kuman (virus dan bakteri), menjaga mulut dan hidung. Masker juga dapat membantu mengurangi paparan air liur dari sekresi pernapasan orang lain.

Sugiana yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 7 Februari 2020, mengatakan, setelah merebaknya virus Corona hingga ke beberapa negara, negara tujuan pengiriman masker dari Lombok  juga ke Singapura. Setiap hari, Kantor Pos Mataram melayani pengiriman minimal dari tiga pengirim.

Diketahui, pengirimnya dari beberapa daerah di Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram. Diperkirakan, pengiriman masker ini untuk membantu keluarganya yang ada di luar negeri (di negara tujuan pengiriman). ‘’Sampai kemarin, masih ada yang mengirim,’’ katanya.

Sekali kirim melalui Kantor Pos Mataram, satu pengirim sampai 3.000 biji. Atau dikalkulasikan sekitar 10.000 biji masker dikirim ke Singapura dengan bobot 3 sampai 5 Kg.

‘’Sebelumnya, tidak ada yang ngirim masker. Setelah adanya virus Corona, baru kelihatan yang ada keluarganya di luar negeri. Yang ngirim ada dari Sekotong, Senggigi, Mataram dan Narmada,’’ terangnya.

Kantor Pos Mataram akan terus memfasilitasi pengiriman masker ini. Diketahui, masker menjadi kebutuhan utama di China yang menjadi sumber awal munculnya virus Corona. Sugiana mengatakan, masih tetap memfasilitasi pengiriman masker ke negara-negara, selain China.(bul)