Pengguna 2,93 Gram Sabu Dibekuk Polisi

Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Dompu, saat melakukan penggeledahan terhadap dua terduga pengguna sabu di Kandai II, Selasa, 5 Januari 2021.(Suara NTB/Polres Dompu)

Dompu (Suara NTB) – Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Dompu, berhasil mengungkap jaringan pengguna sabu, Senin, 4 Januari 2021 Pukul 20.30 Wita. Mereka Jb (32) dan Ap (20). Keduanya terciduk saat asik pesta barang haram tersebut pada sebuah salon di Kelurahan Kandai II.

Kasat Narkoba Polres Dompu, Iptu Tamrin, S. Sos., kepada Suara NTB, Selasa, 5 Januari 2021 menyampaikan, penggerebekan dua terduga pengguna sabu ini buah tidak lanjut polisi atas informasi warga, terkait kecuriagaan mereka akan aktifitas pesta dan transaksi sabu pada salah satu salon tersebut. “Informasi itu kami tidak lanjuti dengan melakukan penyelidikan dan pengembangan,” terangnya.

Dalam proses pembuktian dugaan tindak pidana melanggar hukum tersebut, lanjut dia, anggota berhasil mengantongi bukti petunjuk yang memperkuat dugaan warga. Karenanya, upaya penggerebekan langsung dilakukan.

Selain mendapati dua laki-laki yang tengah asik mengkonsumsi sabu-sabu, dalam penguasaan mereka diperoleh bukti 2,39 gram sabu, termasuk rakitan alat hisap yang terbuat dari botol air mineral. “Keduanya tidak berkutik setelah dipergoki anggota. Saat itu pula dihadapan mereka ditemukan arang bukti narkotika jenis sabu seberat 2,93 gram,” ujarnya.

Berbekal temuan penggunaan barang haram itu, Jb dan Ap langsung digiring ke mapolres untuk proses hukum lebih lanjut. Termasuk mengungkap sumber kepemilikan dan jaringan penguna lain yang berada di wilayah Kandai II.

Pengungkapan ini, lanjut Tamrin, merupakan kasus perdana di 2021. Dan pihaknya akan terus melakukan upaya pemberantasan terhadap siapapun yang terjerat penyalahgunaan narkoba, baik berstatus pengguna, pengedar apalagi bandar.  “Kedua terduga pelaku kami ancam undang-undang narkotika tahun 2009 dengan ancaman 20 tahun penjara,” pungkasnya. (jun)