Pengerjaan Aspal Lapis Kedua Sirkuit Mandalika Tuntas, Juli-Agustus FIM Gelar Homologasi

Bangunan race control sirkuit Mandalika

Praya (Suara NTB)  – Enam dari delapan pekerjaan pendukung untuk sirkuit Mandalika saat ini sudah hampir tuntas, dengan progres rata-rata sudah diatas 95 persen. Adapun untuk pengerjaan lintasan balap sirkuitnya, saat ini tengah persiapan untuk pengaspalan lapisan ketiga atau yang terakhir. Setelah pekerjaan pengaspalan lapis kedua tuntas dilakukan, Senin, 19 Juli 2021.

‘’Pengerjaan lapisan ke dua asphalt hari ini (Senin kemarin) selesai. Dan, akan masuk lapisan terakhir yaitu lapisan ketiga. Insya Allah Juli akhir selesai,’’ ujar Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Happy Harianto kepada Suara NTB, Sabtu, 10 Juli 2021.

Iklan
Medical Center Sirkuit Mandalika

Secara keseluruhan progres pengerjaan Sirkuit Mandalika hingga akhir Juli kemarin sudah diangka 81,42 persen. Dengan enam pekerjaan pendukung diantaranya sudah hampir 100 persen capainnya. Seperti pengerjaan run-off gravel capaianya sudah 99 persen, run-off grass capaiannya 95 persen dan tunnel and retaining wall utara sudah 98 persen. Kemudian pengerjaan outer and inner service road  sudah diatas 95 persen serta pemasangan concrete barrier mencapai 99 persen.

Tidak hanya pekerjaan trek saja, beberapa infrastruktur pendukung event juga sedang berjalan proses pekerjaanya. Seperti race control yang saat ini progresnya sudah mencapai 74 persen. Ditambah pekerjaan medical center yang dibangun secara modular sekarang sudah dalam tahap penyelesaian akhir.

‘’Secara umum semua pekerjaan Sirkuit Mandalika sudah sesuai target. Baik itu pekerjaan yang berkaitan dengan trek balapannya sendiri maupun fasilitas penunjang lainnya,’’ sebut Happy.

Dikatakannya, pengerjaan Sirkuit Mandalika sendiri memang butuh waktu cukup lama. Karena tidak boleh dikerjakakan sembarangan. Secara kualitas pekerjaan harus betul-betul sesuai dengan standar requirements (permintaan) dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) selaku operator gelaran MotoGP yang bakal digelar di sirkuit Mandalika ditahun 2022 mendatang. Mengingat, untuk bisa menggelar event balap sekelas MotoGP, sirkuit Mandalika memenuhi standar sirkuit grade A.

Disinggung pengerjaan lapisan terakhir atau Stone Mastic Asphalt (SMA) untuk jalur balapan Sirkuit Mandalika, Happy mengatakan dalam beberapa kedepan sudah akan dimulai. Karena memang untuk sirkuit Mandalika sendiri harus selesai akhir Juli mendatang.

FIM selanjutnya akan menggelar homologasi, untuk menentukan layak tidaknya sirkuit Mandalika menggelar balapan di bawah naungan FIM. Baik itu World Superbike (WSBK) maupun MotoGP.  ‘’Akhir Juli sampai pertengahan Agustus mendatang, merupakan jadwal homologasi oleh FIM,’’ tutup Happy. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional