Pengembangan Literasi Jadi Prioritas di SMAN 8 Mataram

Pihak SMAN 8 Mataram saat menandatangani kerjasama pengembangan literasi awal pekan lalu. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – SMAN 8 Mataram berupaya mengembangkan literasi siswa melalui kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya kerja sama klinik literasi dengan Kantor Bahasa NTB.

Kepala SMAN 8 Mataram, Hj. Suprapti menyampaikan, pihaknya menandatangani nota kesepahaman dengan Kepala Kantor Bahasa NTB pada Senin, 5 Oktober 2020. Nantinya kerja sama itu akan fokus ke klinik literasi. “Kami kerja sama dalam rangka pengembangan literasi,” katanya, Kamis, 8 Oktober 2020.

Iklan

Ia menyampaikan, ada 12 program yang akan dikembangkan, yaitu pembentukan pojok literasi, pengembangan klinik literasi sekolah dan digitalisasi perpustakaan, pembinaan rumah bahasa di sekolah, pembinaan dan pelatihan guru-guru bahasa, pembinaan dan pelatihan guru-guru bahasa, pembinaan dan pelatihan penulisan PTK dan karya tulis lainnya.

Selain itu, pembinaan UKBI untuk guru dan siswa, pembinaan dan pelatihan ekskul debat, pembinaan dan pelatihan ekskul KIR, pembinaan dan pelatihan ekskul jurnalistik, pendalaman materi dan bedah soal-soal SBMPTN, pelatihan teknis penulisan surat untuk tim manajemen dan staf tata usaha. “Dan kerja sama lainnnya yang akan diatur kemudian,” katanya.

Di samping itu, sebelumnya SMAN 8 Mataram juga menjalin kerja sama dengan SMAN 4 Praya pada Jumat, 16 September 2020. Kerja sama itu untuk menindaklanjuti program Dinas Dikbud NTB, salah satunya sekolah diwajibkan memberikan pelayanan perpustakaan berbasis digital. Pihaknya memilih SMAN 4 Praya, karena SMAN 4 Praya sudah mengikuti lomba perpustakaan tahun 2019 mewakili Provinsi NTB.

Kerja sama itu bertujuan agar siswa mudah mengakses buku-buku di perpustakaan melalui aplikasi digital. Di samping itu, program kerja sama untuk peningkatan mutu dari delapan standar nasional pendidikan juga akan terus dilaksanakan. “Nantinya juga akan bedah soal asesmen kompetensi minimum, kerja sama dengan rumah bahasa yang dikuti guru perwakilan MGMP,” katanya. (ron)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional