Pengelolaan Dana Kelurahan, Perbedaan Harga Jadi Temuan

I Made Putu Sudarsana.(Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Aparatur kelurahan perlu berhati – hati mengelola anggaran. Perbedaan harga menjadi temuan auditor. Standar harga perlu menjadi acuan dalam pengadaan barang dan jasa.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Mataram, I Made Putu Sudarsana menyampaikan, pengelolaan dana kelurahan di tahun 2019 sebelumnya telah diminta kepada masing – masing kecamatan untuk bersurat ke Inspektorat untuk melakukan audit. Tujuannya untuk memberikan kepastian kepada kelurahan, apakah penggunaan dana sesuai aturan atau sebaliknya.

Iklan

Dari hasil audit Inspektorat di tahun 2020 ditemukan potensi kerugian negara dari beberapa pekerjaan fisik. “Kalau detail berapa jumlah temuannya itu di Inspektorat,” kata Putu ditemui Senin, 5 April 2021.

Prinsip kehati – hatian dalam penggunaan dana kelurahan jauh sebelumnya telah disampaikan ke masing – masing kelurahan. Salah satunya adalah meminta berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) bilamana ada pengadaan fisik.

Contohnya, pengadaan proyek fisik bisa berkoordinasi langsung dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Selain itu sebut Putu, standar harga juga bisa dikomunikasikan dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Mataram. “Kita tetap melakukan himbauan dan berkoordinasi dengan OPD teknis yang melaksanakan kegiatan,” jelasnya.

Putu tak membantah jika ada temuan perbedaan harga antara satu kelurahan dengan kelurahan lain. Misalnya, pengadaan berugak dengan spesifikasi sama. Demikian pula, pemasangan paving block. Kemungkinan perbedaan harga pasti terjadi dilihat dari sisi kualitas dan jarak barang. Hal itulah yang membuat terjadi perbedaan terhadap harga satuan.

Menurut dia, kelurahan harus memahami bahwa harga satuan sudah memiliki standar di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa. Artinya, kelurahan tidak boleh berimprovisasi atau keluar dari petunjuk teknis tersebut. “Satuan harganya sudah ada. Kita ndak boleh lari dari itu,” demikian kata Putu.

Oleh karena itu, ia mengingatkan supaya lurah dan perangkat lainnya berhati – hati mengelola anggaran supaya tidak berurusan dengan hukum. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional