Pengangkatan PPPK Harus Pertimbangkan Anggaran

Bima Haria Wibisana (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengingkatkan bagi daerah untuk pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) harus mempertimbangkan kemampuan anggaran. Kabupaten/kota perlu memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Kan daerah banyak yang mengusulkan berdasarkan keinginan bukan sesuai kebutuhan,” kata Bima ditemui usai memberikan sosialisasi kepegawaian di Aula Pendopo Walikota Mataram, Jumat, 8 Oktober 2021. Pengangkatan guru sebagai P3K harus balance (seimbang,red). Tujuan pemerintah membuka peluang itu untuk meningkatkan kualitas pendidikan bukan memberikan pekerjaan. Karena itu kata Bima, pihaknya harus menyeleksi mana guru terbaik.

Iklan

Justru dikhawatirkan jika mengakomodir seluruh permintaan kabupaten/kota untuk mengangkat seluruh pegawai honorer menjadi P3K akan terganggu anggaran. Pihaknya selalu berhitung antara posisi kas negara dan kemampuan keuangan daerah. “Kalau tidak sesuai ya saya akan coret,” ucapnya.

Sebagian guru berusia lanjut diminta dilakukan afirmasi. BKN menghargai pengabdian guru. Tetapi disatu sisi tetap memperhatikan kualitas pendidikan. Kaitannya dengan hasil seleksi P3K lanjutnya, akan ada rapat koordinasi antara BKN dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menyebutkan, formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang diterima dari pemerintah pusat 738. Artinya, kebutuhan ini harus terpenuhi sesuai jatah formasi tersebut. “Iya, jatah harus terpenuhi sesuai formasi yang diberikan pemerintah pusat,” terangnya.

Pengangkatan pegawai diakui, membebankan anggaran daerah. Tetapi pihaknya selalu melihat posisi kemampuan daerah. Artinya, untuk bayar gaji saja tidak boleh di atas 5 persen. Saat ini, beban anggaran untuk membayar gaji masih di bawah 5 persen. “Iya, memang ada sebagian dari DAU,” demikian kata dia. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional