Pengamanan WSBK, Tak Ada Celah Aksi Kriminalitas

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal melambaikan tangan kepada petugas safety car yang sedang menjalankan protokol inspeksi lintasan, Kamis, 18 November 2021 saat memantau pelaksanaan Operasi Mandalika Rinjani 2021 di Mandalika International Street Circuit, Pujut, Lombok Tengah.(Suara NTB/Polda NTB)

Praya (Suara NTB) – Operasi Mandalika Rinjani 2021 bergulir pada inti pengamanan. Yakni World Superbike (WSBK) Mandalika. Kawasan Mandalika International Street Circuit dipastikan steril dari gangguan keamanan. Celah kriminalitas dicegah. Penindakan keras pun sudah disiapkan.

Operasi pengamanan WSBK Mandalika ini dibekali kekuatan personel khusus. Selain Brimob, juga ada tim khusus TNI dari Korem 162/WB. Semua personel ini sudah dibekali perintah untuk menindak tegas pelaku kejahatan yang berpotensi mengganggu jalannya balapan WSBK Mandalika.

Iklan

“Saya menyatakan seluruh mesin pengamanan sampai elemen masyarakat sudah siap menjamin keamanan dengan manajemen pengamanan yang humanis dan edukatif,” terang Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Kamis, 18 November 2021 di Mandalika International Street Circuit, Pujut, Lombok Tengah.

Jenderal bintang dua ini optimis personel pengamanan bekerja maksimal. Dia menukil riwayat persiapan mulai dari diskusi grup terfokus, pegelaran peta taktik, serta simulasi pengamanan. Kemudian diwujudkan dengan inovasi pengamanan untuk menambal kekurangan.

Di antaranya, penggelaran tim patroli khusus. Yakni patroli pengurai kemacetan, patroli pencegahan kriminalitas, dan patroli protokol kesehatan. Selanjutnya pengaturan khusus pengamanan shuttle bus moda transportasi penonton. Atensinya pada penggunaan transportasi di luar ketentuan.

“Apabila ada yang pakai kendaraan pribadi. Kami akan sekat. Kita akan lakukan manajemen peralihan arus. Tetapi, apabila di area akses masuk lengang, kami akan persilakan asalkan tidak menimbulkan kemacetan,” terangnya.

Mantan Kadiv Humas Polri ini pun memberi ancaman keras kepada para pelaku kejahatan. Dia berpesan agar niat berbuat kriminalitas diurungkan. Sebab, penindakannya bakal dilakukan lebih tegas dan terukur.

“Patroli show off force dari Brimob dan Batalyon (TNI). Walaupun garang tapi mereka tetap humanis. Walaupun begitu, jangan main-main. Siapapun pelaku kejahatannya kami akan tindak tegas,” ucap Iqbal.

Prinsip utamanya, sambung dia, TNI-Polri dan pemangku kebijakan lainnya sudah matang menyiapkan pengamanan. Mengedepankan profesionalitas serta prosedur standar operasional yang berlaku.

“Kami tidak hanya mengamankan. Tapi juga melayani. Kita tampilkan polisi ini ramah dan santun. Semua aspek manajemen pengamanan sudah sesuai standar internasional,” ujarnya. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional