Pengamanan WSBK Sirkuit Mandalika, Polda NTB Latihan Pengawalan VVIP Sampai Kontijensi

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB mematangkan pengamanan gelaran World Superbike 2021 Sirkuit Mandalika. Setiap fungsi pengamanan menggiatkan latihan dan simulasi. Mulai pengawalan VVIP sampai penanganan kontijensi seperti terorisme. Tujuannya agar keamanan pembalap beserta kru dan penonton tetap terkendali.

 

Iklan

‘’Sekarang sudah mulai latihan untuk pengamanan sebelum, hari H, dan setelah kegiatan,” ucap Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni dikonfirmasi Jumat (17/9) kemarin.

 

Polda NTB mengerahkan personel sendiri ditambah personel dari Polresta Mataram, Polres Lombok Barat, Polres Lombok Tengah, dan Polres Lombok Timur. Baik itu dari satuan Brimob, Samapta, Lantas, dan Pamobvit.

 

“Sekarang tahap latihan parsial. Brimob sudah latihan Jibom (penjinak bom), teroris. Samapta latihan Dalmas (pengendalian massa), Pamobit latihan escape, Lantas latihan pengawalan. Nanti tinggal latihan gabungan,” uraianya.

 

Persiapan selanjutkan dengan menggelar tactical floor game dengan memetakan seluruh kerawanan berikut cara penanganannya. Imam mencontohkan dalam hal pengawalan pebalap dan crew ke Sirkuit Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

 

Kebutuhan personel pengawalannya, pengerahan kendaraan pengawalan dan pengamanannya, serta pengamanan di lokasi akomodasinya. ‘’Nanti di-gladi-kan semua. Latihan gabungan. Simulasinya, siapa berbuat apa, bagaimana, siapa bertanggung jawab apa,’’ ucapnya.

 

Imam menegaskan, pengamanan WSBK ini secara keseluruhan mencakup pengamanan orang dan barang. Lokasi sirkuit pun bakal disterilisasi sebelum digunakan untuk beradu kecepatan di lintasan.

 

‘’Pengamanannya sebelum event, saat event, dan setelah event. Mulai dari penonton dan pembalap datang, sampai mereka pulang. Juga pengamanan VVIP untuk Presiden dan menteri,’’ tutup Imam.

 

WSBK Sirkuit Mandalika bakal digelar pada 12-14 November mendatang. Sirkuit jalan raya di KEK Mandalika ini merupakan seri 13 atau seri penutup. 25 pembalap dari 19 tim akan beradu kecepatan di sirkuit sepanjang 4,3 km ini. rangkaian dimulai pada Kamis dengan agenda dua latihan bebas, balapan pertama pada Jumat, dan balapan kedua pada Sabtu. (why)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional