Pengamanan WSBK Mandalika, Masyarakat Lingkar Sirkuit Turut Diberdayakan

Polda NTB menggelar FGD kesiapan pengamanan WSBK Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah Kamis lalu.(Suara NTB/Polda NTB)

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB memantapkan pengamanan World Superbike Sirkuit Mandalika. Kesiapan pengamanan ini dibahas dengan melibatkan warga lingkar sirkuit. Tujuannya, masyarakat dapat mengambil manfaat baik sosial maupun ekonomi dalam perhelatan kejuaraan balap motor kelas dunia tersebut.

Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni menjelaskan, pihaknya menampung masukan dan mendiskusikannya dalam grup diskusi terfokus bersama masyarakat. “Kita sinkronkan apa yang menjadi harapan tokoh di wilayah KEK Mandalika apabila event ini dapat berlangsung sukses, masyarakat setempat tidak hanya menjadi penonton tapi bisa mengambil manfaat dalam event tersebut,” ujarnya, Jumat, 8 Oktober 2021.

Iklan

Pelibatan masyarakat ini, sambung dia, dapat berbentuk keikutsertaan membuka lapak kaki lima pada saat event berlangsung. Untuk penataannya dikoordinasikan dengan penyelenggara ataupun ITDC selaku pengelola KEK Mandalika. Keterlibatan masyarakat ini sebagai langkah awal menciptakan kondusivitas. “Dari awal kita samakan persepsi soal bagaimana mengakomodir pedagang kaki lima, isu eksploitasi anak agar jangan sampai menjadi citra kurang buruk di mata internasional,” jelasnya.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Hari Indra Cahyono menjelaskan, masyarakat melalui aparat pemerintah desa bakal dilibatkan. Antara lain dalam kegiatan pengamanan di lokasi parkir, pos pintu masuk kawasan, usaha transportasi lokal, serta lapak UMKM. “Untuk permodalannya akan diupakan melalui ITDC dan BUMN. Kita libatkan semua tidak hanya enam desa lingkar Mandalika tetapi juga 16 desa di Kecamatan Pujut,” urainya.

Dalam pengamanan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 12-14 Oktober dan World Superbike (WSBK) Sirkuit Mandalika pada 19-21 Oktober, Polda NTB mengerahkan sekurang 2.000 personel untuk pengamanan ring tiga Sirkuit Mandalika. (why)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional