Pengamanan WSBK, Kabaharkam : Terapkan SOP Ketat dan Penuh Konsistensi

Kabaharkam Arief Sulistyanto didampingi Kapolda NTB Mohammad Iqbal serta Danrem 162/WB Danrem 162/WB Ahmad Rizal Ramdhani mendengarkan penjelasan perwakilan Dorna Sports saat pemantauan pengamanan Mandalika International Street Circuit, Kamis, 18 November 2021.(Suara NTB/Polda NTB)

Mataram (Suara NTB) – Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto memimpin apel gelar pasukan pengamanan World Superbike (WSBK) Mandalika. Pengamanan dengan sandi Operasi Mandalika Rinjani 2021 ini menempatkan ribuan pasukan pada puluhan pos. Personel sudah siap siaga. Tinggal dibutuhkan peran serta masyarakat turut serta menjaga kondusivitas.

‘’Terapkan SOP ketat, waspada, dan penuh konsistensi. Tetap sopan dan humanis,” pesannya saat memimpin apel di Lapangan Masjid Nurul Bilad, Pujut, Lombok Tengah, Kamis, 18 November 2021.

Iklan

Menurutnya, Polda NTB sudah bekerja keras menyiapkan pengamanan WSBK Mandalika. Mulai sejak awal sampai akhirnya diasistensi Mabes Polri. “Saya berharap seluruh pengamanan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Jenderal bintang ini mengingkatkan personel pengamanan untuk melakukan pengecekan berlapis. Mulai dari kesiapan diri, peralatan, serta sistem komunikasi yang sudah dirancang dalam operasi pengamanan.

“Operasi ini awal bagi kita. Menjadi pengalaman baru di Polda NTB dan jajaran yang tergabung. Operasi ini akan terus berlanjut dalam kegiatan pengamanan event berikutnya,” terangnya.

Pengamanan Operasi Mandalika Rinjani 2021 merupakan tugas berat. Namun, sebanding dengan capaian keberhasilannya dalam hal WSBK Mandalika sukses tergelar. “Apabila dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab,” urainya.

Elemen pengamanan di satu sisi. Serta penegakan protokol kesehatan di sisi lainnya. Dia berharap penyelenggara maupun personel operasi pengamanan tidak kecolongan. “Agar tidak berdampak pada situasi pandemi (Covid-19),” kata Arief.

Jenderal bintang tiga ini menegaskan, Mandalika kini sudah menjelma menjadi detinasi wisata unggulan. Bahkan ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas nasional. Pengamanannya pun wajib maksimal.

“Sehingga perlu penanganan komprehensif dalam kegiatan pariwisata dan pengamanan. Diperlukan kerjasama dan sinergi seluruh komponen untuk bisa mensukseskan pengelolaan destinasi wisata ini,” paparnya.

Keberhasilan pengamanan menentukan pola pengamanan kegiatan selanjutnya. Mandalika International Street Circuit bakal menyambut balapan kelas para raja, yakni MotoGP pada tahun 2022. Diawali dengan tes pramusim pada Februari dilanjutkan dengan balapan seri ketiga kalender 2022 pada Maret.

“Supaya di event berikutnya kita punya pola pengamanan yang tepat sehingga kapanpun ada kegiatan kita sudah ter-setting, sudah terlatih,” urainya.

Arief pun berharap Operasi Mandalika Rinjani 2021 terus ditingkatkan dan dievaluasi. Meskipun awalnya untuk pengamanan WSBK Mandalika. Juga Asia Talent Cup (ATC) yang digelar bersamaan. “Harapan saya bisa ditemukan pola efektif dan tepat dalam pengamanan obyek wisata sirkuit ini,” tegasnya.

Bersama Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Arief kemudian berkeliling mengecek kesiapan personel. Salah satunya di Posko Pengamanan Operasi Mandalika Rinjani 2021 Bundaran Sunggung.

Posko ini mengawasi kedatangan penonton dari Jalan Bypass Mandalika ke Parkir Sentral Timur Sunggung, Pujut, Lombok Tengah. Parkir sentral ini menghubungkan penonton dengan sirkuit melalui shuttle bus.

Arief pun menggelar rapat singkat dengan perwakilan Dorna Sports dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di Pusat Komando Bergerak Posko Operasi Mandalika Rinjani 2021-Paddock Area. Selanjutnya, memantau ruang kontrol balapan, paddock sirkuit, dan pintu masuk gate sirkuit. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional