Pengadaan Sapi Sumbawa Lewat Penunjukan Langsung

Ilustrasi Sapi (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Penentuan pemenang paket pengadaan Sapi Sumbawa bibit betina dengan tinggi 107 cm  terpaksa dilakukan dengan cara penunjukan langsung. Pasalnya paket dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) sudah tiga kali mengalami gagal tender.

Kepala Disnakeswan Kabupaten Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kabid Sarpras yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),  Muhammad Lutfi membenarkan hal tersebut. Proses tender pertama  dimulai sekitar bulan Mei lalu. Saat itu sudah ada pemenang, tetapi setelah dilakukan review oleh PPK terjadi kesalahan secara teknis. Sehingga PPK menolak dan pemenang dibatalkan oleh Pokja. Selanjutnya tender kedua juga gagal. Dari dua penawar yang memasukkan penawaran tidak ada yang lulus kualifikasi persyaratan teknis maupun kualifikasi administrasi. Begitupula tender ketiga juga gagal. “Sudah tiga kali gagal tender,” ungkapnya saat dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 3 September 2021.

Iklan

Disebutkannya, paket  pengadaan bibit Sapi Sumbawa ini nilai pagunya sekitar Rp 248 juta. Anggaran tersebut untuk pengadaan 23 ekor sapi. Setelah tiga kali gagal tender, pihaknya memutuskan untuk dilakukan penunjukan langsung. “Dari yang ketiga kalinya gagal tender, PA dalam hal ini Kadis menindaklanjuti sesuai mekanisme dapat dilakukan penunjukan langsung. Penunjukan langsung akan dilakukan di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ). Intinya kami dinas menyerahkan itu kepada Pokja sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Kita akan minta untuk dilakukan penunjukan langsung melalui mekanisme LPSE,” terangnya.

Sebenarnya, lanjutnya, berdasarkan regulasi Perpres 12 tahun 2021 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah bahwa setelah dua kali gagal tender dapat dilakukan penunjukan langsung. Tetapi karena saat itu pokja menyampaikan masih ada waktu untuk pelaksanaan tender, sehingga dilakukan tender ulang ketiga. Namun tender ketiga juga gagal, sehingga diputuskan untuk penunjukan langsung. (ind)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional