Pengadaan Kapal Penumpang Menunggu Lelang

Abdul Aziz. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat untuk pengadaan satu unit kapal penumpang tahun 2021 ini. Pengadaan kapal tersebut dihajatkan untuk mempermudah akses transportasi laut masyarakat di Pulau Medang, Kecamatan Labuhan Badas. Saat ini dinas setempat masih menunggu proses tender di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

“Pengadaan kapal penumpang itu sudah dalam proses tender di ULP. Kita tinggal menunggu hasilnya. Kalau nda salah ini proses akhir. Karena kemarin kan gagal tender pertama, dan ditender ulang. Sekarang dalam proses verifikasi di ULP,” kata Kepala Dishub Kabupaten Sumbawa, Drs. Abdul Aziz, M.Si, Kamis, 10 Juni 2021.

Iklan

Pengadaan kapal penumpang ini, jelasnya, anggarannya bersumber dari DAK Afirmasi Kemendes PDT dan Transmigrasi. Pagu anggarannya sebesar Rp 2,2 miliar. Nantinya kapal tersebut dihajatkan untuk mengangkut penumpang ke wilayah Pulau Medang. Sebab sebelumnya satu kapal yang beroperasi rutenya ke wilayah Pulau Moyo. “Kemarin kana da satu kapal. Itu belum cukup untuk mengangkut penumpang. Kalau yang pertama untuk ke Pulau Moyo, mengangkut penumpang ke Labuhan Aji, ke Sebotok. Yang sekarang untuk Bugis Medang dan Bajo Medang, Pulau Medang,” terangnya.

Pihaknya berharap proses tender berjalan dengan lancar. Sehingga pengadaan kapal bisa terealisasi sesuai dengan yang dihajatkan. Dengan demikian, akses transportasi masyarakat di wilayah setempat akan lebih mudah. “Dengan terealisasinya pengadaan nantinya, klop sudah dua pulau itu (Moyo dan Medang) kita bisa membuka aksesnya untuk transportasi laut,” pungkasnya. (ind)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional