Penetapan Formasi Tuntas, Pemprov Tinggal Menunggu Jadwal Pembukaan Rekrutmen CPNS dan PPPK

Muhammad Nasir (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB menyatakan 4.865 formasi CPNS dan PPPK yang diperoleh dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) sudah beres. Pemprov tinggal menunggu jadwal pembukaan rekrutmen CPNS dan PPPK dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Kalau dari sisi formasi sudah fix. Cuma jadwal pendaftarannya yang masih belum turun, kita masih menunggu surat resmi dari BKN,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. Muhammad Nasir dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 9 Juni 2021.

Iklan

Meskipun ada informasi yang beredar pembukaan pendaftaran CPNS pada Juni ini, Nasir mengatakan Pemda belum mendapatkan surat resmi dari BKN. “Nanti kalau ada surat resmi baru kita akan buka pendaftaran. Begitu pusat memerintahkan, tinggal kita umumkan,” jelasnya.

Dari sisi formasi yang diterima dari Kementerian PANRB, sudah beres. Artinya, tidak ada perubahan lagi. NTB tinggal menunggu jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK dari Pemerintah Pusat. Yakni, jadwal pelaksanaan seleksi sampai penetapan NIP.

Sebelumnya, pengumuman seleksi CPNS akan dilaksanakan mulai 30 Mei – 13 Juni. Sedangkan untuk pendaftaran dimulai 31 Mei – 21 Juni. Selanjutnya, seleksi administrasi dan pengumuman hasil seleksi administrasi 1 – 30 Juni.

Namun, pada akhir Mei lalu, BKN mengeluarkan surat edaran kepada Gubernur dan Bupati/Walikota untuk penundaan pengumuman dan pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK. Penundaan pengumuman CPNS dan PPPK tersebut berdaarkan Surat Kepala BKN No. 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei 2021.

Surat tersebut ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Daerah. Beberapa alasan dtundanya pengumuman dan pendaftaran CPNS dan PPPK, antara lain, ada beberapa instansi atau kementerian yang mengajukan perubahan formasi. Usulan perubahan formasi tersebut belum selesai di Kementerian PANRB.

Dalam seleksi CPNS dan guru PPPK 2021, Pemprov NTB mendapatkan kuota  sebanyak 4.865 formasi. Jatah formasi CPNS dan PPPK yang diterima dari Pemerintah Pusat sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 555 Tahun 2021.

Sebanyak 4.865 formasi yang diperoleh terdiri 4.443 formasi guru PPPK dan 422 formasi CPNS. Sebanyak 422 formasi CPNS tersebut terdiri dari 271 formasi tenaga kesehatan dan 151 formasi tenaga teknis.

Jatah formasi PPPK yang diperoleh Pemprov NTB berkurang sebanyak 585 formasi dari usulan. Sedangkan jatah CPNS yang diperoleh berkurang 47 formasi dari usulan yang disampaikan. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional