Penertiban Pelabuhan Tikus Rampung Sebelum Puasa

Tanjung (Suara NTB) – Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) bersama jajaran Polres Lombok Utara memastikan akan menertibkan pelabuhan tikus. Dalam rapat terakhir Jumat, 12 Mei 2017, disepakati penertiban akan rampung sebelum masuknya bulan puasa.

“Dalam rapat kemarin sudah disepakati penertiban dilakukan selama 4 hari dan rampung sebelum puasa. Ada 5 titik pelabuhan tikus yang akan disasar,” ungkap Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Lombok Utara, H. Samsul Rizal, S.Pi., Minggu, 14 Mei 2017.

Iklan

Ia menjelaskan, dalam rapat ini poin penertiban tidak mengalami perubahan dari persiapan yang dilakukan sebelumnya. Seperti jumlah personel yang dibutuhkan sebanyak 35 orang dari unsur Kepolisian, Pol PP, Dishub KP dan personel kecamatan.

“Sudah disepakati juga dalam penertiban nanti yang jadi koordinatornya pihak Polres Lombok Utara. Nah, Senin ini kita tinggal bersurat ke travel agent sebagai bentuk sosialisasi,” terangnya.

Samsul mengutarakan, beberapa titik penertiban seperti Pelabuhan Kecinan, Pandanan, Mentigi, serta Pelabuhan Ombak Belek. Masyarakat umumnya memanfaatkan pelabuhan ini untuk angkutan barang dan orang. Ke depan, Pemkab akan mengatur adanya pelabuhan khusus untuk jalur perpindahan barang.

Pascapenertiban nantinya, pihak dinas akan melakukan evaluasi apakah akan melakukan penertiban tahap berikutnya atau tidak. Keputusan itu tergantung dari respons masyarakat khususnya pengguna pelabuhan untuk melewati jalur yang disediakan pemerintah di Teluk Nara.

“Penertiban hanya 4 hari setelah itu pasca dan langsung dievaluasi apakah lanjut atau cukup sampai di sana. Khusus di Teluk Nara dan sekitarnya kita tinggal menata, karena hanya mobil saja yang belum mengarah ke terminal,” pungkasnya. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here