Penertiban Kapal Cepat Dilakukan Desember

Mataram (suarantb.com) – Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) NTB akan mulai menertibkan kapal cepat yang membawa wisawatan ke beberapa gili yang tersebar di Lombok pada Desember mendatang.

“Mulai tanggal 1 Desember akan kita lakukan penertiban. Pokoknya pilihannya untuk ke gili saat ini kita fokuskan lewat Bangsal. Tapi Senggigi sama Teluk Nara bisa jadi pilihan juga,” terang Kepala Dishubkominfo NTB, Lalu Bayu Windya, Selasa, 29 November 2016.

Iklan

Saat ini fasilitas di Pelabuhan Bangsal tengah dilengkapi. Seperti ruang tunggu yang harus diperbesar untuk bisa memenuhi kapasitas penumpang. Dengan adanya sekitar 100 armada kapal cepat yang akan melayani rute menuju gili.

“Fastboat untuk yang ke gili dari Bangsal sudah ada sekitar 100. Kita lihat nanti cukup atau tidak. Tapi kan bisa diatur penjadwalannya, jangan sih semuanya turun sekaligus melayani penumpang,” ungkapnya.

Dengan keberangkatan melalui satu jalur ini, Bayu menyebutkan bisa dipantau siapa saja yang berkunjung ke gili. Untuk itu akan didirikan pos pemeriksaan bekerja sama dengan kepolisian. “Nanti kita lakukan clearance di pelabuhan. Biar ketahuan siapa yang jadi tamu kita, apa yang dia bawa,” tambahnya.

Untuk tiket kapal tersebut, tidak ada kenaikan tarif. Tarif yang akan diberlakukan sama dengan tarif yang sekarang. “Tarif yang berlaku sama dengan tarif yang sekarang,” ujar Bayu. (ros)