Penerimaan Peserta Didik Baru Dimulai

H. Lalu Fatwir Uzali. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram resmi mengumumkan pembukaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 untuk tingkat TK, SD, dan SMP se-Kota Mataram. Mengingat masih adanya penyebaran coronavirus disease (Covid-19) yang terjadi, proses tersebut dilaksanakan dengan sistem luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

Kepala Disdik Kota Mataram, H. Lalu Fatwir Uzali menerangkan PPDB luring antara lain diberlakukan untuk pendaftaran TK dan SD. “Jadi (orang tua peserta didik) harus melakukan pendaftaran secara langsung ke satuan pendidikan terdekat dengan domisili calon peserta didik (zonasi),” ujarnya, Selasa, 15 Juni 2021.

Iklan

Untuk pendaftaran TK dan SD jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua mulai dibuka pada 21-25 Juni mendatang. Proses pendaftaran juga dibatasi antara pukul 08.00 – 12.00 Wita, dengan pengecualian pada hari Jumat dengan penutupan pendaftaran lebih cepat pada pukul 11.00 Wita.

Pendaftaran SD untuk jalur zonasi mulai dibuka 28-30 Juni mendatang, mulai pukul 08.00-14.00 Wita. Seleksi calon peserta didik baru kemudian akan dilaksanakan pada 1 Juli, dan pengumuman hasil seleksi dikeluarkan pada 2 Juli. “Daftar ulangnya bisa dilakukan di masing-masing satuan pendidikan tanggal 5-8 Juli 2021,” ujar Fatwir.

Berbeda dengan PPDB TK dan SD, PPDB SMP di Kota Mataram hanya dilaksanakan dengan sistem daring. Antara lain jalur afirmasi siswa tidak mampu disediakan maksimal kuota 15 persen di masing-masing sekolah, siswa perpindahan tugas orang tua/wali maksimal kuota 5 persen, siswa berprestasi dari luar zona sekolah maksimal kuota 30 persen, dan siswa zonasi kuota minimal 50 persen.

Pengajuan pendaftaran untuk Calon Peserta Didik Baru dapat dilakukan secara mandiri, baik dari rumah maupun dengan mendatangi satuan pendidikan yang menfasilitasi PPDB secara daring. “Pendaftarannya bisa dilakukan lewat laman www.mataram.siap-ppdb.com. Nanti di sana orang tua calon peserta didik mengisi formulir pengajuan pendaftaran sesuai arahannya, sekaligus memilih paling banyak dua SMP sesuai zonasi,” jelasnya.

Dalam pendaftaran daring tersebut juga diatur calon peserta didik yang mendaftar lewat jalur prestasi atau perpindahan orang tua hanya dibolehkan memilih satu SMP tujuan. Seluruh dokumen persyaratan pendaftaran kemudian dapat diunggah ke laman pendaftaran tersebut.

Seluruh berkas pendaftaran tersebut kemudian akan diverifikasi secara daring oleh panitia pendaftaran di masing-masing satuan pendidikan. “Orang tua atau wali calon peserta didik nanti bisa melihat hasil seleksi dan pengumuman secara daring juga lewat laman itu,” ujarnya.

PPDB SMP mulai dibuka antara lain untuk jalur prestasi dan afirmasi pada 21-24 Juni, mulai pukul 08.00-14.00 Wita. Sedangkan jalur perpindahan tugas orang tua dan zonasi pada 28-30 Juni di jam yang sama. “Kalau pendaftaran secara mandiri dari rumah berlangsung selama 24 jam, sesuai jadwal jalur penerimaan,” ujar Fatwir.

Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 25 Juni untuk jalur prestasi dan afirmasi, 1 Juli untuk jalur zonasi dan perpindahan orang tua. Seluruh pengumuman hasil seleksi tersebut dapat diakses melalui laman pendaftaran yang disediakan Disdik Kota Mataram.

“Untuk pendaftaran ulang nanti tanggal 5-8 Juli. Calon peserta didik baru yang dinyatakan lulus seleksi, tapi tidak melakukan daftar ulang pada sekolah tujuan sampai pada batas waktu itu dinyatakan mengundurkan diri atau gugur,” tandas Fatwir. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional