Penerimaan CPNS, Formasi Guru Masih Diprioritaskan

Taufik Priyono. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi belum menetapkan jatah formasi calon pegawai negeri sipil. Formasi guru masih jadi prioritas. Pelaksanaan rekrutmen menunggu penetapan formasi.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Taufik Priyono mengaku, penetapan jatah formasi calon pegawai negeri sipil maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) belum dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), sehingga jadwal seleksi bisa saja berubah. “Bisa saja jadwal berubah karena penetapan formasi belum ada,” kata Yoyok sapaan akrabnya ditemui, Selasa, 27 April 2021.

Iklan

Pemerintah pusat biasanya bersurat secara resmi terkait penjadwalan setelah pembagian jatah formasi. Yoyok menyampaikan, pelaksanaan seleksi CPNS masih dua versi. Pertama, Badan Kepegawaian Negara mengklaim seleksi menggunakan sistem computer assisted test (CAT) tanggungjawabnya. Kedua, seleksi dengan sistem ujian nasional berbasis kertas untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja khusus guru jadi porsi bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pihaknya tidak bisa menyimpulkan karena menjadi keputusan MenpanRB. “Tergantung MenPANRB, apakah BKN diberikan atau Mendikbud,” terangnya.

Jumlah diusulkan CPNS sebanyak 400 formasi. Tetapi bertambah menjadi 800 formasi setelah hasil rapat koordinasi dengan BKN dan Mendikbud di Denpasar, Bali akhir 2020 lalu. Khusus formasi guru tetap jadi prioritas pada seleksi CPNS. Meskipun terdapat wacana bahwa formasi guru akan masuk ke P3K. Sedangkan, formasi teknis tetap pada formasi CPNS. Namun demikian, pemetaan itu belum final baik pengangkatan guru maupun tenaga fungsional lainnya. “Belum ada penetapan,” ujarnya.

Mekanisme pelaksanaan seleksi sambungnya, tergantung dari penetapan formasi. Jika secara bersamaan jadwal seleksi CPNS dan P3K dikeluarkan oleh MenpanRB. Artinya, lokasi tes berbeda tempat. Tetapi sebaliknya apabila ada jeda maka ditetapkan di lokasi sama. Catatannya adalah kata Yoyok, lokasinya bisa SMA/SMK yang memiliki kapasitas serta fasilitas memadai. “Semuanya sangat tergantung dari penjadwalan dari pusat saja,” demikian kata dia. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional