Penerimaan CPNS dan PPPK, Formasi Dokter Spesialis Minim Pelamar

Baiq Nelly Kusumawati. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi ( KemenPANRB) menolak usulan perubahan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diajukan oleh Pemkot Mataram. Beberapa tahun terakhir, formasi dokter spesialis minim pelamar.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menyampaikan, jatah formasi yang diberikan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini KemenPANRB telah final. Perubahan formasi yang diusulkan tidak disetujui. Pelaksanaan rekrutmen CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) berdasarkan ketentuan.  “Formasi yang kita terima itu ternyata sudah final. Yang kita usulkan itu ditolak,” kata Nelly dikonfirmasi, Jumat, 28 Mei 2021.

Iklan

Perubahan formasi diusulkan adalah dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT), dokter spesialis fisiotherapy dan dokter spesialisi anestesy.

Formasi itu terang Nelly, sebenarnya tidak dimasukkan dalam usulan formasi CPNS. Pertimbangannya setiap tahun krisis pelamar. Akan tetapi, pemerintah pusat kembali memberikan formasi tersebut. Padahal, kebutuhan formasi untuk dokter umum dan tenaga kesehatan lainnya.

” Iya, memang dari dulu tidak ada pelamar. Kalaupun ada, cuma sedikit,” tuturnya.

Dengan formasi yang tersedia, ia berkeyakinan dokter spesialis bisa terpenuhi. Diharapkan, dokter spesialis di rumah sakit umum daerah (RSUD) Mataram mendaftar.

Sedangkan, formasi P3K tidak ada perubahan. Nelly mengaku, telah dilakukan verifikasi. “P3K tidak ada perubahan. Kita sudah selesai lakukan verifikasi,” tandasnya.  Disebutkan, total CPNS dan P3K diterima  884 formasi. Terdiri dari 738 formasi P3K, 118 formasi tenaga kesehatan dan 28 formasi tenaga teknis.

Untuk pelaksanaan tes secara keseluruhan telah ditetapkan KemenPANRB. Kepastian jadwal masing- masing kabupaten/kota akan disepakati bersama Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara, Denpasar, Bali. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional