Penerima Sembako Tahun Ini Berkurang 5.000 Orang Lebih

A. Yani. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Penerima program sembako di Sumbawa untuk 2021 sebanyak 30.952 KPM. Berkurang dari tahun 2020 dengan total sebanyak 35.982. Artinya, ada 5.390 KPM yang tahun ini tak bisa lagi menerima bantuan dimaksud.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Sosial (Disos) Sumbawa, Ir. A. Yani, program sembako 2121 telah mulai diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Nilainya sebesar Rp200 ribu per bulan selama setahun. “Khusus sembako telah masuk ke rekening penerima manfaat. Tinggal masing masing eWarung (agen) mengatur jadwal untuk penyalurannya,” terangnya.

Berkurangnya jumlah penerima program sembako dari Kementrian Sosial (Kemensos) untuk 2021, karena adanya pemadanan data dengan Dukcapil yang berbasis adminduk. “Memang prosedurnya tahun ini, mesti disesuaikan dengan data dari Dukcapil. Apalagi penerima manfaat program reguler dari Kemensos ini tidak boleh doubel dengan bansos lainnya,” tukas Yani.

Sementara untuk program BST, jumlah penerima untuk Kabupaten Sumbawa belum dirilis by name by adress oleh Kemensos. Masih dalam proses yang nantinya penyaluran melalui PT. Pos Indonesia. Nilai BST sebesar Rp300 ribu per bulan per KPM selama 4 bulan. Namun yang jelas, jumlah penerima BST tahun ini berkurang dibandingkan tahun lalu. Diketahui jumlah penerima BST tahun 2020 sebanyak 29.114 KPM. (arn)