Penerima BST Bisa Diusulkan Mendapat Bantuan Sembako

Mirajuddin. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kementerian Sosial (Kemensos) RI menghentikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) pada April 2021. Bantuan tersebut hanya disalurkan empat bulan dari Januari sampai April. Terhadap penerima nantinya, dapat diusulkan untuk mendapatkan bantuan Sembako yang dulunya bernama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kepala Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Linjamsos, Mirajuddin, S.T menyampaikan, BST senilai Rp 300 ribu perbulan ini sudah tersalurkan untuk bulan Januari dan Februari. Sedangkan untuk jatah Maret dan April belum tersalurkan. Terhadap kepastian penyaluran sisa di dua bulan ini, pihaknya belum menerima informasi resmi. Namun informasi sementara, rencananya akan disalurkan di bulan April ini. “Informasinya dihentikan di April. Tetapi yang bulan Maret dan April belum tersalurkan. Memang ketika Bu Risma dilantik, beliau langsung menginformasikan bahwa anggaran BST untuk 4 bulan saja. Nanti mungkin ada surat resmi tentang penghentian. Tapi pernyataan Bu Menteri di media selesai sampai April,” ujarnya kepada wartawan, Selasa, 6 April 2021.

Iklan

Dijelaskannya, data terakhir yang ada di Dinas Sosial, total ada 25 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BST di Kabupaten Sumbawa. Dengan terhentinya BST ini, para penerima bisa diusulkan untuk mendapatkan bantuan sembako (dulunya BPNT). Hanya saja pihaknya belum menerima petunjuk teknis (juknis) untuk mekanisme pengusulan. “Memang ada kebijakan dari Kemensos, kalau ada masyarakat yang kebetulan membutuhkan bantuan bisa diusulkan untuk mendapatkan bantuan Sembako. Yang jelas nanti akan disampaikan juknisnya seperti apa mekanisme  pengusulan. Kami masih menunggu juknisnya,” pungkasnya. (ind)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional