Penerbangan Langsung Lion Air Lombok – Solo Ditutup Sementara

Praya (Suara NTB) – Manajemen Lion Air menutup rute penerbangan Lombok-Solo dengan alasan operasional. Namun, penutupan rute penerbangan masih bersifat sementara. Jika memang kondisi sudah memungkinkan, maka rute penerbangan ini akan kembali dibuka secara normal.

Hal itu diakui Area Manager Lion Grup Denpasar, Teguh Fajar Santoso, saat dikonfirmasi Suara NTB, Sabtu, 5 Mei 2018. Tapi kata Fajar penutupan tersebut bukan berarti tidak ada penerbangan di rute ini. Penerbangan tetap ada. Tetapi tidak setiap hari seperti sebelumnya. Dalam seminggu mungkin hanya beberapa hari saja ada penerbangan langsung Lombok-Solo.

Iklan

“Mungkin sehari buka, sehari off. Jadi tidak setiap hari ada penerbangan langsung di rute ini,” terangnya.
Kebijakan tersebut diambil murni karena alasan operasional. Diantaranya, tingkat keterisian yang terbilang rendah sejauh ini. Di mana keterisian penumpang sekitar 50 persen dari kursi yang tersedia.

Sementara, kalau persoalan kesiapan pesawat dan yang lain tidak jadi masalah. “Kedepan kalau trens penumpangnya sudah bagus dan tingkat keterisian penumpangnya tinggi, rute tersebut akan dibuka kembali secara normal,” ujarnya seraya menambahkan, kalau rute penerbangan yang lain masih tetap normal.

Ia pun menegaskan, keputusan ini murni kebijakan perusahaan, karena perusahaan punya pertimbangan tersendiri, terkait pembukaan maupun penutupan satu rute penerbangan. Dan, banyak aspek yang jadi pertimbangan.

“Ke depan dengan semakin berkembangnya daerah, tentunya penumpang di rute ini akan semakin banyak. Sehingga penutupan rute penerbangan ini hanya sementara saja. Tidak ditutup sama sekali,” tandas Fajar. (kir)