Penerbangan ke Bima dan Sumbawa Kembali Normal

Mataram (Suara NTB) – General Manager (GM) PT. Angkasa Pura I Lombok International Airport (LIA), I Gusti Ngurah Ardita menjelaskan, sejak pagi tadi, rute penerbangan dari Lombok ke Bima dan Lombok ke Sumbawa sudah pulih. Maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut juga sudah mulai terbang menuju Bima pagi tadi.

“Kegiatan dari sini sudah normal. Sesuai schedule, sudah berjalan,” ujar Ardita yang dikonfirmasi suarantb.com melalui ponselnya, Kamis, 22 Desember 2016.

Iklan

Pagi tadi, maskapai yang berhasil terbang menuju Bima adalah maskapai Garuda. Sementara, siang nanti, satu penerbangan lagi akan terbang menuju Bima.

Sepanjang hari ini, ujar Ardita, akan ada empat penerbangan menuju Bima. Dua penerbangan oleh maskapai Garuda Indonesia dan dua lainnya oleh maskapai Wings Air. Sementara, untuk rute Lombok-Sumbawa, ada tiga kali penerbangan yang dilayani oleh Wings Air dan Garuda Indonesia.

Pantauan suarantb.com di sejumlah website penjualan tiket online, pesanan tiket untuk penerbangan siang ini tampaknya telah penuh sehingga tidak tersedia lagi secara online. Ardita menjelaskan, hal ini kemungkinan disebabkan karena pihak maskapai harus menampung limpahan penumpang yang di hari sebelumnya tidak berhasil terbang ke Bima.

“Kemungkinan penuh karena akumulasi dari kemarin yang cancel. Karena yang tidak berangkat kemarin dipindah ke sana. Jadi seat-nya terisi penuh untuk mengakomodir yang kemarin,” ujarnya.

Seperti diketahui, Rabu kemarin, cuaca buruk dan banjir di Bima membuat sejumlah pesawat yang sudah terbang menuju Bandar Udara Sultan Muhammad Salahudin harus kembali ke LIA.

Kepada suarantb.com, Rabu kemarin, Ardita menjelaskan bahwa sepanjang hari, ada dua penerbangan dari Bima yang akhirnya ditunda. Selain itu, dua penerbangan lainnya menuju Bima juga terhambat. “Ada yang sudah berangkat dari (LIA). Tapi return to base (kembali ke pangkalan). Jadi sudah berangkat, tapi balik lagi,” jelasnya.

Selain dua penerbangan dari dan menuju Bima yang terganggu, jadwal penerbangan dari dan menuju Sumbawa untuk Rabu kemarin juga mengalami nasib yang sama. Namun, hari ini, penerbangan ke Bima dan Sumbawa menurut Ardita sudah bisa dilayani. Hanya saja, ia juga menegaskan pihaknya akan terus memantau kondisi terkait cuaca yang terkait dengan kelancaran aktivitas penerbangan. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here