Penegakan Disiplin Prokes di Sumbawa Diperketat

H. Hasan Basri. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kabupaten Sumbawa hingga saat ini belum beranjak dari status zona merah covid-19. Selain banyaknya warga yang masih dinyatakan positif, penambahan kasus baru juga terus terjadi. Atas kondisi ini, Pemkab setempat akan memperketat penegakan pendisiplinan protokol kesehatan (prokes).

“Kita akan tegakkan disiplin yang ketat sekarang kepada masyarakat dengan surat edaran itu. Artinya surat edaran itu implementasinya dipertegas betul,” kata Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M, Senin, 25 Januari 2021.

Iklan

Dijelaskan Sekda, gugus tugas juga sewaktu-waktu akan melakukan patroli di tempat fasilitas umum. Terhadap mereka yang berkumpul dan melanggar prokes langsung dilakukan rapid test antigen. Jika ditemukan adanya yang terkonfirmasi positif, maka langsung diisolasi. Upaya ini dilakukan supaya semua pihak disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Artinya betul-betul diterapkan lah. Jangan sampai nanti kita dalam kondisi seperti ini masih ada orang yang santai-santai dan mengabaikan protokol kesehatan,” terangnya.

Terhadap kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, sebut Sekda, harus meminta izin ke gugus tugas.  Izin tersebut dimulai dari desa, karena terdapat gugus tugas tingkat desa dan kecamatan. Saat permintaan izin kegiatan juga akan dipertegas aturan penerapan protokol kesehatan. Bagi yang melanggar maka akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  “Jangan sampai nanti ada orang kawin dan kegiatan lainnya melanggar protokol kesehatan. Nanti akan diproses kalau mereka mengumpulkan orang di luar prosedur ketentuan yang berlaku. Nda boleh prasmanan, nda boleh melebihi 50 orang. Apapun alasannya nda boleh. Kalau mau ramai-ramai nanti setelah aman. Kalau kondisi sekarang harus ikuti itu,” tegasnya.

Pihaknya meminta semua pihak untuk tidak abai dengan protokol kesehatan. Apalagi sekarang ini setiap malam tetap terjadi penambahan kasus. Sehingga yang masih dinyatakan positif covid-19 mencapai 180 orang lebih. “Yang jelas zona merah. Itu yang kemarin dipertegas kembali bahwa penegakan disiplin itu betulbetul di tengah masyarakat,” pungkasnya.(ind)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional