PKM Harapkan Pengisian Kepala SD dan SMP Dituntaskan

0
7
Adnan Muchsin (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Dewan Pendidikan Kota Mataram (DPKM) mengharapkan pengisian kepala sekolah (kepsek) definitif SD dan SMP di Kota Mataram tuntas pada bulan Februari ini. Hal itu penting karena semakin dekatnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan pilkada. Saat ini pemerintah Kota Mataram masih berkoordinasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar bisa melakukan mutasi jabatan kepala sekolah.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Mataram, H. Adnan Muchsin pada Kamis, 6 Februari 2020 mengharapkan Dinas Pendidikan Kota Mataram harus dilakukan pengisian kepala sekolah definitif untuk SD dan SMP yang jabatan kepala sekolah masih kosong. Dirinya sudah dilibatkan dalam pengusulan calon kepala sekolah ke Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Mataram. Pengisian kepala sekolah definitif diperlukan, karena setelah UN ada proses penandatanganan ijazah dan lainnya. “Bulan Februari ini harus sudah terisi,” harapnya.

Pengisian jabatan kepala sekolah SD dan SMP negeri di Kota Mataram masih menunggu hasil koordinasi dengan Kemendagri. Pasalnya Kemendagri mengeluarkan larangan mutasi pejabat jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah  atau Pilkada 2020.

Adnan Muchsin mengharapkan Kemendagri menjemput bola ke daerah, sehingga jangan sampai pengisian kepsek definitif semakin molor menjelang Pilkada. Selain itu, Pemerintah Kota Mataram juga diminta aktif berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar segera diberikan izin.

“Pemkot dan Dinas Pendidikan tahu betul masalah ini, sehingga dia harus proaktif, kita juga dari dewan pendikan mengharapkan jangan lewat bulan Februari ini dimutasi, segara mutasi setelah ada izin dari Kemendagri,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, S.Pd., M.Pd., ditemui terpisah juga mengatakan saat ini Sekda Kota Mataram menunggu izin dari Kemendagri untuk pelantikan kepala sekolah definitif. Pihaknya juga sangat mengharapkan bisa segera dilakukan pelantikan kepala sekolah definitif. “Kami dari Dinas Pendidikan tidak masalah siapa yang melantik, di mana pelantikan, tidak masala. Yang jelas saya ingin segera sekolah-sekolah yang sudah kosong, segera diisi,” katanya.

  Dikbud NTB Persilakan SMP Gunakan Sarana UNBK SMA dan SMK

Fatwir menekankan, jabatan yang kosong diisi oleh pengawas, sedangkan tugas pengawas juga sangat banyak. Dengan segeranya terisi jabatan kepala sekolah definitif, diharapkan pengawas bisa segera kembali ke ruang pengawas mengerjakan tugasnya.

Ia mengungkapkan, pada mutasi nanti akan dilakukan pengisian jabatan kosong, selain itu akan ada rotasi kepala sekolah. Menurut catatan pihaknya, sebanyak tiga jabatan kepala SMP kosong, dan 13 jabatan kepala SD masih kosong.

Sebelumnya, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Mataram, M. Yasin menegaskan, calon kepala sekolah yang ditunjuk nanti sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah. Juga sudah memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here