365 Guru Peserta PPG Peroleh Sertifikat Pendidik Profesional

Wahab Jufri. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sebagai wujud nyata perhatian pemerintah terhadap pendidikan di Indonesia di mana para guru yang mengajar di SD/SMP/SMA/SMK atau sederajat haruslah seusai dengan kualifikasi akademiknya dan memiliki sertifikat pendidik.

Untuk itu, pemerintah melaksanakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG). FKIP sebagai pelaksana PPG di Universitas Mataram (Unram) dalam waktu dekat direncanakan akan melepas 365 guru peserta PPG yang dinyatakan lulus. Mereka tersebar di tiga provinsi yakni, NTB, Bali, NTT.

Dekan FKIP Unram Prof. A. Wahab Jufri, Senin, 20 Januari 2020 menerangkan mereka yang akan dilepas ialah para guru yang telah dinyatakan lulus PPG. Mereka semua berhak mendapatkan sertifikat pendidik profesional, yang berarti bahwa para guru tersebut sudah profesional sebagai guru.

Prof. Wahab Jufri menerangkan pelepasan PPG dalam jabatan ini ialah para guru yang mengikuti pendidikan sejak tahun 2018 lalu. Menurutnya, ada dua tahapan yang dilalui peserta, ada yang dilakukan secara daring (online) atau dari tempat tugas masing-masing, kemudian mereka datang ke Unram mengikuti workshop selama sebulan setengah dan lalu ujian.

“Ujiannya ada dua macam uji pengetahuan dan uji kinerja. Uji pengetahuannya lewat online, uji kinerjanya di sekolah masing-masing. Kalau lulus dapat sertifikat pendidik profesional. Itu yang akan diserahkan pada tanggal 27 Januari. Mereka sudah lulus semua,” ujarnya.

Adapun yang tidak lulus, Prof. Wahab Jufri menyebut rata-rata kelemahan mereka yang tidak lulus itu sebenarnya pada tahapan daring atau online. Guru kesulitan di teknologi informasi, bisa jadi di akses internet kurang lancar.

“Kalau di kinerja ya mungkin darurat sakit atau tidak bisa hadir yang tidak lulus. Problem besarnya hanya di online. Tapi yang tidak lulus diberikan kesempatan untuk mengulang. Satu tahun kalau tidak salah diberikan ujian lagi. (dys)

  Kepsek Diminta Fokus Persiapkan Siswa Hadapi UN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here